obat keputihan karena jamur

Aneka Bahan Alami Untuk Obat Keputihan karena Jamur

Posted on

Keputihan merupakan hal yang umum terjadi pada sistem reproduksi wanita. Keputihan didefinisikan sebagai kondisi dimana rahim mengeluarkan cairan berwarna putih dan nyaris kekuningan melalui vagina. Wanita biasanya mengalami keputihan menjelang menstruasi.

Secara umum, ada dua jenis keputihan yang bisa terjadi pada wanita yaitu keputihan patologis dan keputihan fisiologis. Keputihan patologis merupakan keputihan yang abnormal yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang ditandai dengan adanya rasa gatal pada bagian dalam dan bagian luar vagina.

Sedangkan, keputihan fisiologis merupakan keputihan yang umum terjadi pada wanita menjelang menstruasi.

Keputihan sangat mengganggu karena menyebabkan rasa gatal terus menerus pada vagina dan bau yang tidak sedap dari vagina. Cara yang paling umum untuk mengatasi keputihan adalah dengan memakai pantyliner yang mengandung bau seperti mawar atau sirih dan membersihkan vagina dengan sabun pembersih khusus yang mengandung sirih.

Namun, ada juga obat keputihan karena jamur dan bakteri secara alami yang akan dijelaskan di bawah ini.

Bawang Putih

obat keputihanBawang putih direkomendasikan menjadi obat keputihan yang alami karena bawang putih mengandung sulfarophane dan sulfur. Dua senyawa tersebut berperan aktif untuk membasmi jamur pada vagina yang menyebabkan keputihan dan bau tidak sedap pada alat kelamin.

Bawang putih juga mengandung senyawa antibiotik yang alami yang bisa menjaga kekebalan tubuh agar tidak terserang jamur dan bakteri.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat keputihan karena jamur yang alami dan tanpa efek samping adalah dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih.

Bawang putih yang sudah hancur tersebut dicampur dengan air dan gunakan air campuran bawang putih tersebut untuk membersihkan vagina dalam interval dua jam sekali.

Selain itu, keputihan juga bisa dicegah dengan menambahkan lebih banyak bawang putih pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya digunakan untuk memasak saja. Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai obat keputihan yang alami dan bebas dari efek samping. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung senyawa antibiotik yang bisa melindungi vagina dari serangan jamur penyebab keputihan.

Minyak kelapa juga mengandung antiseptik yang efektif menjaga kebersihan vagina dari bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengobati keputihan adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak kelapa ke dalam air dan gunakan campuran tersebut untuk membersihkan vagina selama dua kali dalam sehari.

Yoghurt

yogurtYoghurt tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan saja. Yoghurt juga bisa digunakan untuk obat keputihan karena jamur yang alami dan bebas dari efek samping yang berbahaya untuk tubuh.

Yoghurt menjadi obat alami untuk keputihan dikarenakan dalam yoghurt terkandung bakteri berjenis lactobacillus acidophilus yang bisa memerangi jamur dan bakteri yang menyebabkan infeksi pada vagina.

Kandungan probiotik yang terkandung dalam yoghurt tidak hanya bermanfaat untuk melindungi usus dari bakteri jahat saja, tetapi melindungi vagina dari serangan bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Untuk menjadikan yoghurt sebagai obat keputihan karena jamur dan bakteri bisa digunakan dengan cara mengoleskan yoghurt pada pembalut yang akan digunakan. Namun, pembalut tersebut harus diganti dalam interval waktu dua jam sekali.

Cara tersebut juga sangat riskan karena bisa memicu semakin banyak bakteri yang akan tumbuh di vagina. Ada pun cara lain yang lebih efektif menyembuhkan keputihan dengan yoghurt yaitu dengan mengonsumsi yoghurt secara rutin.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *