obat kapalan

Obat Kapalan Secara Alami

Obat Kapalan – Kapalan merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi di bawah telapak tangan atau kaki. Kapalan sendiri merupakan keadaan di mana ada penebalan yang dialami oleh bagian kulit. Meskipun dianggap tidak membahayakan, kapalan bisa mengganggu penampilan serta menimbulkan rasa ketidaknyamanan penderitanya.

Kapalan, biasanya terdapat pada kulit di jari atau pun telapak tangan dan telapak kaki. Dalam kamus kedokteran, kapalan disebut juga dengan kalus yang berarti area kulit yang menebal, disebabkan gesekan atau pun tekanan dari luar yang terjadi secara terus menerus.

Sebelum menjadi terlalu parah, Anda bisa mengobati kapalan tersebut. Kapalan yang sudah terlanjur parah biasanya ditandai dengan rasa yang teramat sakit pada saat disentuh dan berwarna merah meradang disertai bengkak.

Kapalan yang sudah parah seperti ini harus segera mendapat penanganan oleh tenaga medis atau pun tim dokter. Apabila Anda juga memiliki penyakit diabetes dianjurkan untuk terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter sebelum mencoba cara menghilangkan kapalan ini.

Cara Menghilangkan Kapalan

Sebenarnya, kulit yang kapalan ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu dilakukan pengobatan apa pun. Kapalan bisa hilang seiring dengan berkurangnya aktivitas pada area kulit yang terserang kapalan, namun apabila muncul rasa ketidaknyamanan pada area telapak tangan atau pun telapak kaki, yang terdapat kapalan, maka segeralah konsultasikan ke dokter.

Berikut ini, beberapa tindakan alami, yang mungkin bisa Anda coba untuk obat kapalan pada kulit, di antaranya adalah :

Kopi dan minyak zaitun

kopiKopi dikenal dapat mencerahkan dan melembabkan kulit, begitu pula dengan minyak zaitun yang memiliki manfaat yang sama seperti kopi. Dan apabila kedua bahan tersebut dijadikan satu? Salah satu manfaatnya adalah untuk melenyapkan kapalan.

Proses yang dilakukan adalah scrubbing, karena memang dilakukan dengan menggunakan teknik lulur scrub dengan bahan – bahan alami yang Anda buat sendiri, yaitu kopi dan minyak zaitun. Kedua bahan tersebut dicampurkan dengan takaran secukupnya untuk dipakai pada kulit, jangan lupa dipijat – pijat dan dibersihkan setelahnya.

Baca Juga:  Gejala, Penyebab Lemah Syahwat dan Pengobatannya

nanasKulit nanas

Kulit nanas turut membantu dalam proses pengobatan kapalan. Untuk wanita atau pun pria, bisa mencoba melakukan cara yang satu ini.

Pertama, rendam Kaki atau tangan Anda pada baskom berisi air hangat, kurang lebih selama 15 – 30 menit, kemudian tempelkan bagian dalam kulit nanas pada kulit yang kapalan, rekatkan juga menggunakan plester luka atau pun dibalut dengan kain. Lakukan ini sebelum tidur, dan pagi harinya dilepas. Ulangi kegiatan tersebut minimal selama empat hari.

Cengkeh dan air lemon

Untuk menipiskan kulit yang terkena kapalan, Anda bisa mencampurkan air lemon dengan cengkeh. Caranya mudah, yaitu dengan mencampurkan air lemon dan cengkeh di dalam sebuah wadah, kemudian diamkan ramuan tersebut selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, saring ramuan tersebut untuk memisahkan cengkeh.

Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terkena kapalan. Gunakan air lemon tersebut setidaknya 2 – 3 kali dalam sehari.

lemon

Kulit lemon

Pada kulit buah lemon, ternyata terkandung senyawa yang mampu dimanfaatkan sebagai obat kapalan secara alami yang begitu mudah dan murah tentunya. Cara pemakaiannya cukup dengan menempelkan atau pun menutup area kulit yang terkena kapalan dengan kulit lemon bagian dalam.

Gunakan juga plester kulit atau ikat dengan kain agar tetap menempel selama beberapa jam pada kulit kapalan Anda.

Air hangat dan batu apung

Cara menghilangkan kapalan yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Cukup dengan menyediakan satu baskom air hangat, rendam tangan atau pun kaki Anda selama kurang lebih 15 – 30 menit.

Pastikan Anda melakukan perendaman setelah mandi. Kemudian gosokkan batu apung pada kulit Anda yang terkena kapalan beberapa kali. Lakukan hingga kapalan sembuh.

Baca Juga:  Sel Darah Putih - Fungsi & Bahaya Sel Darah Putih Tinggi

bawang putihCuka dan bawang putih

Perpaduan antara cuka dan bawang putih, selain untuk memasak rupanya juga bisa digunakan untuk merendam kulit yang terkena kapalan, baik di tangan atau pun di bagian kaki Anda. Cara menggunakannya pun mudah, yaitu dengan menumbuk bawang putih secukupnya sampai halus, kemudian hasil tumbukan tersebut dimasukkan ke dalam sebuah wadah.

Tuangkan cuka secukupnya ke dalam wadah berisi tumbukan bawang putih. Jemur di bawah sinar matahari langsung campuran bahan tadi hingga cuka mengering. Gunakan hasil jemuran tumbukan bawang putih itu saat menjelang tidur. Oleskan pada area kulit yang terkena kapalan, kemudian bersihkan pada keesokan harinya setelah bangun tidur.

baking sodaBaking soda

Kalau biasanya kita menemukan baking soda sebagai bahan pembuat roti atau pun kue, berbeda dengan pemanfaat baking soda yang satu ini sebagai penghilang kapalan. Bahan ini bisa digunakan untuk menghilangkan kapalan di kaki Anda.

Caranya pun cukup mudah, karena Anda hanya perlu menyiapkan air hangat yang dicampurkan dengan baking soda. Setelah itu diaduk sampai tercampur rata. Rendam kaki Anda selama kurang lebih 15 – 30 menit saja. Manfaatkan juga batu apung, jika ada untuk menggosok atau memijit perlahan kapalan di bagian kaki Anda.

Vitamin A atau vitamin E

Untuk menghilangkan kapalan, vitamin E, atau pun vitamin A dapat menjadi pilihan yang bisa dibuktikan efektivitasnya. Pada saat terkena kapalan, sediakan saja vitamin tersebut yang kemudian bisa Anda oleskan di bagian kulit yang terkena kapalan.

Bukan hanya itu, pada akhir perawatan Anda dapat menutupi bagian yang diobati dengan kaos kaki, hal ini perlu dilakukan agar vitamin bisaa terserap sempurna dan bekerja dengan baik supaya kulit melunak. Lama kelamaan kapalan pun dapat terkikis dan semakin memudar.

Baca Juga:  Sayur & Buah Sebagai Sumber Makanan dan Obat Penambah Darah

pepaya

Pepaya

Buah yang satu ini bukan hanya enak untuk dimakan, tapi juga memberikan manfaat yang baik untuk pencegahan. Selain itu juga mampu untuk cara menghilangkan kapalan. Caranya pun cukup sederhana, Anda hanya tinggal menghaluskan buah yang masih mentah pepaya dan sudah dipotong-potong.

Setelah pepaya dihaluskan, tempelkan pepaya pada area kulit yang terkena kapalan secara merata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan kegiatan tersebut setidaknya 2 – 3 kali sehari.

Kentang

Kentang rupanya tak hanya digunakan untuk membuat makanan, kentang yang kaya akan karbohidrat ini tak hanya bisa dimakan, tetapi juga bisa digunakan untuk obat kapalan. Untuk menghilangkan kapalan secara alami, Anda bisa mencoba untuk memarut kentang yang kemudian parutannya bisa ditempelkan pada area yang terkena kapalan.

Kemudian Anda bisa memakai kain kasa atau pun kain perban untuk menutupi bagian yang sudah diobati, dan diamkan selama kurang lebih 3 jam agar kandungan baik kentang yang bisa menyembuhkan bisa meresap dengan baik.

Getah daun kamboja

Apabila di sekitar rumah Anda atau bahkan di halaman rumah Anda terdapat tanaman kamboja, Anda bisa mengambil beberapa lembar daun kamboja untuk diambil getahnya. Getah daun kamboja tersebut dapat Anda gunakan untuk membasmi kapalan yang terdapat pada telapak tangan atau pun kaki Anda.

(Visited 138 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *