ciri ciri penyakit sipilis

Mengenali Ciri Ciri Sipilis dan Pencegahan Infeksi Sipilis

Posted on

Sering terjadi kerancuan antara penyakit sipilis dan penyakit gonore, padahal definisinya berbeda meskipun keduanya sama-sama jenis penyakit menular seksual. Penyakit gonore atau disebut kencing nanah disebabkan infeksi Bakteri Gonococcus sementara penyakit sipilis disebabkan infeksi Bakteri Treponema Pallidum.

Sama seperti penyakit gonore, penyebaran infeksi sipilis umumnya melalui kontak seksual dengan orang yang terlebih dulu terinfeksi. Tak hanya melalui hubungan seksual namun penyakit sipilis juga bisa menular melalui pajanan cairan tubuh, misalnya melalui transfusi darah atau luka terbuka.

Penularan Bakteri Treponema Pallidum secara seksual biasanya terjadi baik kontak seksual melalui vaginal, anal dan oral.

Orang yang biasa merajah tubuh (tattoo), menindik telinga atau berbagi jarum suntik (biasanya pengguna narkoba) juga rentan terinfeksi bakteri penyebab sipilis.

Gejala Penyakit Sipilis

Gejala atau ciri ciri sipilis umumnya baru muncul sekitar 3 minggu pasca bakteri masuk ke tubuh. Ciri ciri penyakit sipilis umumnya melalui 4 fase utama antara lain:

Fase Sipilis Primer

Ciri ciri sipilis pada fase primer biasanya penderita mengalami luka pada organ vital, luka di dalam mulut atau area sekitar mulut. Bentuk luka yang terjadi lebih mirip gigitan serangga tanpa disertai rasa sakit.

Jika penderita melakukan hubungan seksual pada fase ini maka resiko penularan sangat besar. Luka pada organ vital tersebut mampu bertahan hingga 2 bulan dan akan sembuh dengan sendirinya tanpa ada bekas sama sekali.

Fase Sipilis Sekunder

Ciri ciri penyakit sipilis pada fase sekunder umumnya muncul ruam sebesar koin pada telapak tangan maupun kaki penderita.

Gejala yang mengikuti biasanya demam, radang tenggorokan, nafsu makan menurun bahkan pada sebagian kasus muncul kutil pada organ vital. Fase sekunder ini biasanya bertahan 1-3 bulan.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Penyakit Radang Panggul

Fase Sipilis  Laten

ciri ciri sipilisPerlu diperhatikan ciri ciri sipilis pasca sipilis sekunder biasanya gejala penyakit sipilis seolah benar-benar hilang. Bahkan tidak terasa gejala atau keluhan apapun. Pada fase ini disebut fase laten.

Namun justru fase laten merupakan fase paling beresiko karena fase ini mampu bertahan hingga 2 tahun, sebelum akhirnya masuk level paling berbahaya yaitu infeksi sipilis atau fase sipilis tersier.

Fase Sipilis Tersier

Apabila infeksi sipilis tidak diobati, maka bakteri sipilis akan berkembang dan masuk fase akhir yaitu fase sipilis tersier. Akan ada efek dan gejala serius yang terjadi pada tubuh di fase ini.

Kemungkinan paling buruk akan terjadi kelumpuhan, berkurangnya pendengaran, impotensi, demensia, kebutaan, bahkan kematian jika tanpa penanganan serius.

Sipilis sangat mudah menular terutama di fase sipilis primer dan sekunder, sehingga siapapun yang merasa terinfeksi bakteri sipilis sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis atau dokter ahli penyakit kelamin.

Jika diobati sejak dini maka kecil kemungkinan bakteri berkembang ke arah yang yang lebih serius.

Pengobatan Penyakit Sipilis

Seperti halnya penyakit gonore, penyakit sipilis cukup mudah diobati menggunakan suntikan maupun tablet antibiotik. Umumnya dokter akan memberikan suntikan penisilin serta beberapa tablet antibiotik. Jika tidak ditangani serius atau adanya keterlambatan pengobatan, sipilis bisa menjadi penyakit ganas dan berpotensi kematian pada penderitanya.

Berdasarkan ciri ciri sipilis yang cenderung ‘diam tapi mematikan’ sebaiknya dilakukan pencegahan untuk menghindari infeksi. Penderita yang masih dalam perawatan harus menghindari kontak seksual sampai dokter menyatakan infeksi benar-benar sudah hilang.

Pasangan yang pernah melakukan hubungan seksual dengan penderita juga harus diperiksa untuk kemudian mendapatkan pengobatan yang sama jika dinyatakan positif terinfeksi.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *