penyakit radang panggul

Mengenal Apa Itu Penyakit Radang Panggul

Posted on

Penyakit radang panggul merupakan penyakit yang menginfeksi organ-organ yang terdapat pada panggul wanita. Ada pun organ-organ yang terdapat pada panggul wanita meliputi uterus (rahim), tuba palofi (saluran telur), indung telur, dan leher rahim. Dalam dunia medis, penyakit ini dikenal dengan istilah Pelvic Inflammatory Disease (PID).

Radang panggul merupakan akibat dari komplikasi yang disebabkan oleh penyakit menular seksual, seperti klamidia dan gonore. Ada beberapa gejala yang biasanya dialami wanita ketika mengidap penyakit PID.

Beberapa gejala tersebut diantaranya adalah keputihan, sakit perut di bagian bawah, dan demam. Di pembahasan kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai gejala yang dialami oleh penderita penyakit ini serta cara mengobatinya.

Penyebab dan Gejala Penyakit Radang Panggul

penyakit radang panggulBanyak hal yang menyebabkan seorang wanita terkena penyakit radang panggul. Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya penyakit ini adalah bakteri yang menyerang organ reproduksi wanita.

Hal tersebut bisa saja terjadi jika melakukan hubungan dengan seseorang yang sudah mengidap penyakit seksual sebelumnya atau melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman seperti kondom.

Selain bakteri, masih ada beberapa hal penyebab terjadinya penyakit ini, diantaranya adalah memiliki riwayat PID sebelumnya, menggunakan alat kontrasepsi spiral (IUD), dan aktif secara seksual pada usia di bawah 25 tahun.

Tak semua orang yang mengidap penyakit PID merasakan gejala-gejala tertentu.

Bahkan ada beberapa kejadian dimana orang yang mengidap penyakit radang panggul mengetahui penyakitnya setelah melakukan pemeriksaan di rumah sakit.

Sebagai referensi ada beberapa gejala yang biasanya timbul sebagai tanda dari PID yaitu:

  1. Merasakan nyeri di perut bagian bawah
  2. Mengalami demam
  3. Cairan yang keluar saat keputihan tidak biasa dan berbau tak sedap
  4. Nyeri atau sampai berdarah pada saat melakukan hubungan seksual
  5. Merasa pedih saat buang air kecil
  6. Mengalami pendarahan di antara periode mensturasi

Penyakit radang panggul dapat diobati dengan baik jika sudah diketahui sejak dini. Meski pun dapat diobati, namun kerusakan yang sudah terjadi pada organ reproduksi tidak akan dapat diperbaiki.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda tidak menunda untuk mengobati penyakit radang panggul agar kerusakan yang terjadi pada organ reproduksi anda tidak akan semakin parah.

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati PID antara lain adalah mengkonsumsi antibiotik. Antibiotik akan membantu untuk menghilangkan gejala yang dirasakan meski pun tidak akan menghilangkan infeksi secara menyeluruh.

Selain mengkonsumsi antibiotik, anda juga sebaiknya menghindari berhubungan seksual terlebih dahulu serta memeriksakan pasangan ke rumah sakit karena kemungkinannya terkena penyakit seksual juga besar.

Demikian pembahasan terkait mengenai penyakit radang panggul. Semoga bermanfaat!

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *