senam kegel pria

Manfaat Senam Kegel Pria & Cara Latihan Kegel untuk Pria

Posted on

Senam Kegel mungkin pernah Anda dengar, biasanya senam ini sering dilakukan oleh para wanita karena senam ini dipercaya dapat kembali mengencangkan Miss V para wanita terutama setelah melahirkan. Selain bermanfaat bagi para wanita, ternyata ada juga lho manfaat senam Kegel pria.

Sebagian dari Anda mungkin baru pernah mendengarnya, namun senam Kegel dapat juga dilakukan oleh pria untuk membuat mereka lebih perkasa. Penasaran bukan? Mari kita cari tahu lebih mendalam mengenai senam Kegel untuk pria ini serta manfaat senam Kegel pria.

Apa itu senam Kegel pria?

manfaat senam kegelSenam Kegel adalah senam yang pertama kali dikenalkan pada tahun 1940 oleh seorang dokter bernama dokter Arnold Kegel.

Senam ini memang ditujukan untuk membantu para wanita untuk mengencangkan Miss V mereka setelah persalinan.

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, senam ini ternyata juga bisa diaplikasikan oleh para pria, yang jika dilakukan secara teratur juga akan memberikan manfaat yang positif.

Melakukan senam Kegel, bagi para pria, dapat memberikan banyak manfaat.

Selain dapat dilakukan sebagai salah satu olahraga yang meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, senam ini juga dapat membuat Mr. P menjadi lebih keras sehingga dapat tahan lebih lama.

Hal ini karena senam Kegel ini akan membuat otot pada dasar panggul yakni otot pubococcygeus menjadi lebih kuat.

Baik pada wanita maupun pria, otot ini memiliki bentuk yang mirip. Otot dasar panggul membentang menyerupai bentuk tempat tidur gantung atau hammock dari tulang ekor hingga tulang kemaluan.

Otot ini merupakan otot yang yang mendukung organ-organ yang ada pada daerah panggul serta mendukung fungsi kerja otot sfingter yang berbentuk cincin yang dapat berkontraksi buka tutup di tubuh manusia.

Berbeda dengan latihan Mr. P yang lainnya, Kegel merupakan senam yang lebih melatih otot yang terletak pada rangka nyata seperti otot pada dasar panggul tersebut.

latihan kegel

Apa sih manfaatnya bagi pria?

Ada banyak manfaat senam Kegel pria yang dapat Anda peroleh jika melakukannya dengan teratur. Baik bagi wanita maupun pria, senam Kegel yang dilakukan dengan teratur dapat meningkatkan gairah seks mereka.

Namun, para pria seringkali mengabaikan latihan Kegel ini karena dianggap tidak secara langsung melatih kekuatan Mr. P dan memperbesar ukurannya.

Yang dilewatkan para pria adalah senam Kegel tidak hanya melatih otot Mr. P mereka tetapi juga memiliki manfaat-manfaat lain seperti membantu mengatasi permasalahan seputar Mr. P dan memperbesar ukuran Mr. P secara tidak langsung.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat senam Kegel pria selengkapnya.

  • Latihan Kegel secara teratur dapat membantu para pria untuk dapat ereksi dengan lebih keras serta memiliki ketahanan yang lebih lama. Hal ini disebabkan karena peredaran darah yang lebih lancar pada Mr. P karena melakukan senam ini.
  • Dengan latihan Kegel, otot pada dasar panggul menjadi lebih sehat. Jika otot dasar panggul lebih sehat dapat membantu ereksi yang lebih tegak dengan kata lain meningkatkan sudut ereksi Mr. P.
  • Peningkatan kelancaran aliran darah pada Mr. P karena latihan Kegel dapat secara tidak langsung membuat Mr. P lebih besar.
  • Volume dan kekuatan ejakulasi juga dapat semakin meningkat dengan melakukan senam ini, hal ini memungkinkan para pria dapat orgasme dengan lebih eksplosif.
  • Latihan Kegel juga dapat membantu mengatasi beberapa masalah pada Mr. P seperti masalah inkontinensia. Hal ini disebabkan karena latihan Kegel melatih bagian otot yang juga mendukung serta mengendalikan kandung kemih para pria.
  • Kemampuan orgasme juga dapat lebih terkontrol dan membuat Anda memiliki stamina seksual yang lebih meningkat jika melakukan latihan ini secara teratur.
  • Selain masalah Mr. P, senam ini juga dapat membantu menjaga kesehatan prostat para pria. Senam ini dapat dijadikan salah satu terapi untuk meredakan nyeri prostat serta pembengkakan yang disebabkan oleh BPH.
  • Latihan senam Kegel secara teratur dapat mencegah terjadinya prolaps pada organ panggul.
  • Untuk membantu penyembuhan nyeri pada prostat serta pembengkakan yang terjadi akibat radang prostat atau prostatitis juga dapat dilakukan dengan latihan Kegel dengan teratur.

Banyaknya manfaat senam Kegel pria yang didapatkan membuat para terapis seksual serta para dokter yang menyarankan latihan Kegel untuk sexercise yang dapat membantu memperbaiki gairah sex baik pada wanita maupun pria.

Bagaimana ya cara mekakukannya?

cara latihan kegelSetelah mengetahui manfaat senam Kegel pria kini saatnya kita mempelajari bagaimana cara melakukan senam ini bukan? Caranya sangat mudah dan dapat Anda lakukan dimana saja lho.

Cara latihan Kegel dapat Anda mulai dengan menemukan otot pada dasar panggul Anda terlebih dahulu. Cara menemukannya cukup mudah.

Otot dasar panggul adalah otot yang biasa Anda gunakan untuk menghentikan air seni Anda untuk keluar saat sedang buang air kecil.

Setelah Anda temukan otot tersebut, yang Anda perlukan adalah fokus untuk melakukan gerakan mengangkat otot dasar panggul ke atas.

Secara umum, cara latihan Kegel memiliki 4 tahapan utama yakni kontraksi, kemudian tahan, lepas, lalu ulangi. Cara latihan Kegel yang lebih jelas dapat Anda ikuti dengan tahapan sebagai berikut.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah siap mengontraksikan otot pada dasar panggul milik Anda.
  • Yang kedua adalah menahan kontraksi tersebut. Tehan selama mungkin semampu Anda. Untuk tahapan awal biasanya pria akan sulit melakukannya. Hal tersebut bukanlah masalah, Anda akan mulai terbiasa jika telah rutin melakukannya.
  • Yang ketiga adalah melepaskan kontraksi Kegel tersebut dan kemudian melakukan pengulangan.
  • engulangan dilakukan sebanyak 10 kali dan lakukan secara bertahap sampai Anda cukup kuat untuk menahan kontraksi sampai 10 detik.

Melakukan cara latihan Kegel tersebut secara rutin akan membuat otot pada dasar panggul Anda lebih kuat dalam waktu 4 sampai dengan 6 minggu. Anda juga akan merasakan atau melihat testis Anda terangkat, bagi beberapa orang mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih panjang.

Karena senam ini tidak mencolok, Anda dapat melakukannya dimana saja baik saat sedang bekerja atau sedang bersantai di rumah. Cara latihan Kegel ini dapat Anda lakukan secara rutin selama rentang waktu 10 sampai dengan 15 menit sebanyak 4 kali dalam satu minggu.

Apa tidak ada efek samping?

Selama Anda tidak melakukannya secara berlebihan, Anda tidak akan merasakan overtraining. Cukup lakukan dengan rutin dengan interval waktu yang sesuai. Jika Anda belum mampu, jangan paksakan karena hal tersebut justru akan menyakiti otot tersebut.

Dengan latihan rutin, Anda akan mendapatkan banyak manfaat senam Kegel pria ini. Tidak perlu melakukan latihan berat dan pergi ke gym untuk membuat Anda perkasa dan tahan lama di ranjang.

Lakukan latihan ini secara rutin juga dapat membantu Anda menjaga kekuatan serta stamina Mr. P Anda.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *