makanan untuk sakit tipes

Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Tipes

Makanan Untuk Penderita Tipes – Penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang gejalanya meliputi gangguan pencernaan. Maka, makanan untuk penderita tipes pun tidak boleh sembarangan. Jika makanan apa saja yang dikonsumsi tidak diperhatikan, maka akan dapat memperburuk keadaan.

Penyakit tipes merupakan penyakit yang apabila tidak ditangani dengan benar, maka dapat membahayakan penderitanya. Mulai dari menyebabkan komplikasi bahkan bisa sampai membahayakan nyawa.

Komplikasi yang terjadi biasanya adalah pendarahan internal atau pecahnya sistem pencernaan (usus). Sementara di Indonesia diperkirakan 1 dari 5 orang meninggal karena penyakit ini. Jumlah penderita penyakit tipes di Indonesia memang banyak, yaitu sekitar 800 sampai 100 ribu penduduk.

Penyakit tipes termasuk dalam penyakit endemik di Indonesia. Penyakit endemik yaitu istilah untuk menyebut sebuah penyakit yang menjangkit banyak orang di wilayah yang luas seperti negara bahkan dunia. Jadi, penyakit ini memang tidak dapat diabaikan.

Penyebab Penyakit Tipes

Media penularan penyakit tipes adalah makanan dan air. Untuk itu, penanganan yang baik terhadap penyakit ini tidak boleh mengabaikan makanan untuk penderita tipes. Selain makanan dan air, penularan juga bisa terjadi melalui urine yang telah terinfeksi bakteri.

Penyakit tipes disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Salmonella thypi. Bakteri tersebut bisa hidup di makanan maupun air. Makanan maupun air yang sudah terkontaminasi sejumlah kecil saja bakteri Salmonella bisa menjadi jalan penularan penyakit endemik yang satu ini.

Selain itu, biasanya penggunaan sanitasi yang buruk juga merupakan salah satu hal yang akan memungkinkan hidupnya bakteri Salmonella yang kemudian dengan cepat menginfeksi manusia. Selain faktor eksternal seperti makanan dan air, penyakit tipes juga semakin cepat menjangkit seseorang jika orang tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Maka, tidak heran jika banyak anak-anak yang terjangkit penyakit ini karena memang sistem kekebalan tubuh anak kecil yang belum sempurna.

Baca Juga:  Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Solusinya

gejala tipes

Gejala Penyakit Tipes

Penyakit tipes bisa menyerang setiap umur meskipun kebanyakan anak-anak. Untuk gejala penyakitnya baik pada orang dewasa maupun anak-anak sama saja. Seperti apa gejalanya? Berikut ini beberapa gejala yang akan nampak pada penderita penyakit ini:

  • Demam tinggi (demamnya bisa jadi naik turun setiap waktu)
  • Sakit kepala
  • Lemas atau tidak bertenaga
  • Diare atau sembelit (gangguan pencernaan)
  • Mual dan muntah
  • Bau mulut
  • Sakit tengorokan
  • Munculnya lapisan di lidah
  • (bisa sampai) mimisan dan pingsan

Itulah beberapa gejala penyakit tipes yang bisa Anda kenali. Umumnya gejala tersebut akan muncul sekitar 1 sampai 3 hari setelah bakteri menginfeksi tubuh manusia. Kemudian kondisi penderitanya akan memburuk dalam beberapa minggu. Apalagi jika penanganan dan pengobatannya tidak dilakukan secara maksimal.

Pengobatan bisa dilakukan di rumah maupun di rumah sakit. Hal tersebut tergantung bagaimana tingkat keparahan penyakit tipes yang diderita saat Anda memeriksakannya. Maka, jika terjadi gejala-gejala di atas, segeralah periksakan ke dokter. Dengan begitu memungkinkan Anda tak perlu rawat inap. Tanpa rawat inap, maka akan lebih hemat biaya bukan?

Penanganan Penyakit Tipes dengan Makanan Untuk Penderita Tipes yang Tepat

makanan untuk orang tipesAntibiotik berperan untuk melawan infeksi bakteri yang sudah terjadi pada tubuh. Penggunaan antibiotik sebagai pengobatan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, termasuk tipes, memang telah terbukti keberhasilannya.

Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter dan dapatkan antibiotik berdasarkan resep dokter. Pasalnya antibiotik ada bermacam-macam seperti Chloramphenicol, Amoxillin, Ciprofloaxin, dan sebagainya. Kemudian berbagai jenis antibiotik tersebut bisa jadi cocok untuk seseorang namun tidak untuk orang lain.

Oleh karena itulah Anda harus mendapatkannya dari dokter agar pemberian tepat berdasarkan mana antibiotik yang cocok atau bisa diterima tubuh Anda.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Kolesterol dengan Makanan

Selain antibiotik, dalam menangani penyakit ini juga harus memperhatikan makanan untuk penyakit tipes yang tepat. Penderita penyakit tipes dan juga orang yang merawatnya haruslah memperhatikan hal yang satu ini.

Terutama jika perawatan dilakukan di rumah atau tidak rawat inap. Jangan sampai hanya karena terlepas dari pengawasan dokter, Anda jadi seenaknya dalam mengonsumsi makanan. Tentunya Anda ingin cepat sembuh, maka konsumsilah makanan untuk penderita tipes yang tepat.

Berikut ini syarat makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes:

  1. Makanan yang bertekstur halus
  2. Makanan yang mengandung cukup cairan, kalori, vitamin, dan protein
  3. Makanan yang tidak mengandung banyak serat

Selain perlu memperhatikan syarat makanan untuk penderita tipes, ketahui pula jenis makanan yang sebaiknya dihindari, yaitu sebagai berikut:

  1. Makanan berkarbohidrat tinggi
  2. Makanan berminyak
  3. Makanan pedas
  4. Daging
  5. Sayuran berserat tinggi
  6. Jenis kacang
  7. Buah

Pilihan Tepat Buah Untuk Sakit Tipes

Jika melihat salah satu syarat makanan untuk penderita tipes yang tepat di atas yaitu yang mengandung cukup cairan, kalori, vitamin, dan protein, maka buah bisa menjadi pilihan tepat.

Namun, sayangnya buah sendiri termasuk dalam jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk penderita penyakit tipes karena pada umumnya buah mengandung serat yang tinggi. Maka, nampak bahwa memilih makanan untuk penderita penyakit tipes memang cukup sulit dan membingungkan.

Tenang saja, karena masih ada buah-buahan yang bisa diberikan pada penderita penyakit tipes. Apa saja buah untuk sakit tipes? Berikut ini beberapa diantaranya:

buah untuk penderita tipesBuah naga

Buah naga merupakan salah satu pilihan tepat buah untuk sakit tipes. Kandungan buah ini cocok untuk penderita penyakit tipes diantaranya zat antioksidan, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin c, vitamin B1, vitamin B2, protein.

Baca Juga:  Menguak Arti Telinga Berdenging Berdasarkan Primbon Jawa

Kemudian yang juga penting adalah bahwa buah ini memiliki tekstur yang lembut serta tidak memiliki rasa yang terlalu tajam. Buah yang satu ini mudah dicerna sehingga cocok untuk penderita tipes.

Buah pisang

Buah untuk penderita tipes yang tepat untuk dipilih selanjutnya adalah buah pisang. Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk penderita penyakit tipes dan tentunya teksturnya lembut sehingga akan mudah dicerna.

Alpukat

alpukat makanan untuk penyakit tipesAlpukat juga termasuk buah yang bertekstur lembut serta memiliki nutrisi yang bagus. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan asam lemak yang mampu memperkuat sel hati yang berperan untuk memproduksi antibodi. Kekebalan tubuh yang kuat memang diperlukan agar terhindar dari penyakit tipes.

Pepaya

Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin c yang mana berperan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Pepaya juga bisa mencegah dehidrasi pada penderita tipes yang diakibatkan oleh diare yang dialami. Juga membantu melancarkan pencernaan. Tentunya tekstur pepaya mendukung untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes.

Selain memperhatikan makanan untuk penderita tipes, jangan lupa juga untuk cukup minum, cukup istirahat, dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

(Visited 91 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *