ciri ciri pria mandul
Ciri ciri Pria Mandul dan Cara Mengatasinya
10/22/2016
keputihan berwarna coklat
Penyebab Terjadinya Keputihan Berwarna Coklat
10/28/2016

Macam Macam Keputihan Yang Perlu Anda Ketahui

macam macam keputihan

Keputihan merupakan masalah yang paling sering mengganggu para wanita. Tak jarang para wanita menganggap remeh masalah keputihan tersebut dan menyebabkan keputihan menjadi semakin parah. Tak banyak orang yang tahu jika keputihan dapat menjadi masalah yang serius sehingga menyebabkan seseorang sulit untuk memiliki keturunan atau mandul.

Keputihan biasanya sering dialami oleh seorang wanita pada saat ia hamil. Hal ini disebabkan karena perubahan homon yang terjadi pada tubuh. Keputihan sendiri terdiri atas dua jenis yakni keputihan yang bersifat fisiologis dan keputihan yang bersifat patologis. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai macam macam keputihan yang perlu anda ketahui.

Macam Macam Keputihan dan Ciri-cirinya

macam keputihanSeperti yang telah disebutkan sebelumnya, macam macam keputihan meliputi dua jenis yaitu keputihan fisiologis dan patologis. Macam macam keputihan tersebut ada yang memberikan dampak berbahaya dan ada pula yang tidak. Keputihan fisiologis adalah jenis keputihan yang paling sering ditemui.

Dimana keputihan tersebut memiliki ciri-ciri, cairannya yang agak encer, cairan keputihannya berwarna krem atau bening, cairan keputihan yang keluar tidak mengeluarkan bau, tidak akan menyebabkan rasa gatal, dan volume cairan yang keluar sedikit. Keputihan fisiologis masih dapat dikatakan keputihan yang normal karena tidak memberikan dampak yang berbahaya.

Berbeda halnya dengan keputihan patologis. Dimana keputihan patologis ini termasuk dalam salah satu jenis penyakit. Keputihan patologis terjadi akibat adanya infeksi pada organ kewanitaan. Ada pun ciri-ciri dari keputihan patologis adalah sebagai berikut.

  1. Cairan keputihannya bersifat kental
  2. Cairan keputihan yang keluar memiliki warna putih seperti warna susu, bahkan sampai ada yang berwarna kuning sampai hijau.
  3. Menimbulkan rasa gatal pada organ kewanitaan
  4. Cairan keputihan yang keluar memiliki bau yang tidak sedap
  5. Biasanya keputihan tersebut meninggalkan bekas bercak bercak pada celana dalam yang dikenakan.
  6. Jumlah cairan keputihan yang keluar sangat banyak

Apa bila anda mengalami ciri-ciri dari keputihan patologis, maka anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini disebabkan karena keputihan patologis merupakan jenis penyakit yang berbahaya dan mengancam organ reproduksi anda. Ada pun keputihan dapat terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor kebersihan dan stres.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya keputihan. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menjaga kebersihan organ kewanitaan anda. Selain itu, sebaiknya anda tidak menggunakan bedak pada organ kewanitaan anda dan selalu keringkan organ kewanitaan anda setelah mandi atau buang air kecil.

Pastikan juga untuk menggunakan pakaian dalam yang kering agar terhindar dari jamur dan bakteri. Sekian pembahasan tentang macam macam keputihan yang perlu anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *