LED

Cara Mengatasi Laju Endap Darah Tinggi

Laju endap darah tinggi atau yang biasa disingkat LED, dalam istilah medis dikenal sebagai Erythrocyte Sedimentation Rate, yakni sebuah tindakan yang dilakukan untuk mengukur tingkat kecepatan waktu yang dibutuhkan oleh sel darah merah untuk mengendap guna mengetahui tingkat kekentalan darah seseorang.

Caranya adalah dengan memasukkannya ke dalam tabung dan didiamkan selama satu jam dengan memanfaatkan gaya gravitasi untuk mengetahui hasilnya, yakni pengendapan sel darah merah pada bagian bawah tabung. Dalam tes LED atau laju endap darah, LED dikatakan tinggi ketika jumlah sel darah merah yang mengendap pada bagian bawah tabung cukup banyak.

Tes LED tidak cukup untuk mendiagnosa penyakit seorang pasien karena untuk mendiagnosis suatu penyakit. Terutama penyakit dalam pada tubuh dibutuhkan pemeriksaan secara menyeluruh pada tubuh pasien, mulai dari pemeriksaan fisik sampai pemeriksaan sampel pasien yang biasanya berupa darah yang sengaja diambil untuk melakukan tes di laboratorium untuk mencari tahu jenis penyakit pasien secara pasti.

LED disebabkan oleh beberapa hal atau keadaan pada tubuh pasien diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pasien mengidap TBC
  • Pasien mengalami suatu infeksi atau inflamasi dalam tubuhnya
  • Pasien sedang dalam kondisi hamil, bagi para wanita
  • Terdapat infeksi kulit yang diderita pasien
  • Pasien mengidap anemia
  • Terdapat infeksi tulang yang diderita oleh pasien
  • Pasien menderita rheumatoid arthritis
  • Pasien menderita asam urat
  • Pasien menderita kanker atau keganasan

23. sel darah merahTes laju endap darah tinggi biasanya digunakan untuk memantau perkembangan dari sebuah penyakit yang diderita oleh pasien yang harus rutin melakukan pengecekan pada dokter, jika laju endap darahnya yang pada awalnya cukup tinggi semakin menurun seiring dengan berjalannya perawatan rutin yang dilakukan. Itu artinya perawatan atau pengobatan yang diberikan kepada pasien berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Buang Air Besar Keluar Darah

Adapun standar laju endap darah pada seseorang melalui 2 cara yang memiliki patokan yang berbeda, yakni cara wintrobe yang nilai rujukan untuk pasien wanita adalah 0-20 mm/ jam, sedangkan pada pria dimulai dari 0-10 mm/ jam.

Cara kedua adalah cara Westergen yang nilai rujukannya untuk wanita mulai dari 0-15 mm/ jam, sedangkan untuk pria dimulai dari 0-10 mm/ jam. Proses pengendapan dapat diketahui melalui 3 tahapan, yakni mulai dari tahap pembentukan rouleaux, berikutnya sel darah merah berkumpul untuk membentuk kolom, dan terakhir tahap pengendapan lalu pemadatan.

Adapun variasi dari hasil tes laju endap darah tinggi menggunakan metode westergren yang umumnya paling sering digunakan oleh orang-orang klinis adalah sebagai berikut:

Pada orang dewasa

  1. Wanita usia 50 tahun ke bawah memiliki laju endap darah kurang dari 20 mm/ jam
  2. Pria usia 50 tahun ke bawah memiliki laju endap darah kurang dari 15 mm/ jam
  3. Wanita usia 50 tahun ke atas memiliki laju endap darah kurang dari 30 mm/ jam
  4. Pria usia 50 tahun ke atas memiliki laju endap darah kurang dari 20 mm/ jam

tekanan darah

Faktor yang Mempengaruhi Laju Endap Darah

Ada beberapa aspek yang dapat mempengaruhi Laju Endap Darah seorang pasien. Seperti disebabkan oleh faktor plasma, faktor eritrosit, dan faktor teknik pemeriksaan. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Faktor Plasma adalah situasi dimana kadar fibrinogen yang terkandung dalam darah akan mempercepat pembentukan rouleaux, sehingga laju endap darah seseorang meningkat. Selain itu LED tinggi juga bisa meninggi kerana terjadi peningkatan jumlah leukosit yaitu sel darah putih, hal ini disebabkan oleh terjadinya proses infeksi akut bahkan kronis.
  • Faktor Eritrosit adalah situasi dimana jumlah eritrosit kurang dari normal serta ukurannya yang lebih besar dari ukuran normal, hal tersebut mengakibatkan mudahnya pembentukan rouleaux dengan cepat sehingga mengakibatkan meningkatnya laju endap darah.
  • Faktor teknik pemeriksaan yaitu ketika tabung pemeriksaan mengalami pergerakan atau mendapatkan getaran yang tidak disengaja, hal ini memicu cepatnya proses pengendapan sehingga laju endap darah dikatakan meningkat. Hal lainnya yaitu ketika suhu ruangan saat pemeriksaan lebih tinggi dari suhu ideal yakni diatas 20 derajat celcius akan mempercepat proses pengendapan.
Baca Juga:  Penyebab, Obat dan Cara Mengobati Bintitan dengan Efektif

Langkah pemeriksaan laju endap darah tinggi yang dilakukan secara rutin dapat dilakukan untuk menilai perkembangan atau perjalanan penyakit yang diderita oleh pasien yang mengidap penyakit demam rematik, tuberkulosisi, nefritis dan artritis.

Selama proses pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh seorang pasien, laju endap darah yang cepat menunjukkan suatu lesi yang aktif, peningkatan LED ini kemudian akan dibandingkan dengan hasil tes sebelumnya, jika laju endap darah yang menurun setelah dibandingkan dengan hasil tes sebelumnya, hal ini menunjukkan suatu perbaikan.

Kondisi Laju endap darah yang cepat dapat dijumpai pada beberapa situasi tertentu yang dialami oleh seseorang seperti pada wanita hamil, pada saat haid, dan pada orang tua.

Adapun beberapa langkah terapi yang dapat dilakukan oleh para penderita laju endap darah tinggi adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang cukup efektif untuk menormalkan kembali laju endap darah adalah dengan mengurangi memakan makanan yang berminyak dan makanan yang mengandung lemak berlebih, seperti gorengan, makanan bersantan, dan lain sebagainya.
  2. Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk menormalkan LED adalah dengan rutin mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Jika diperlukan, anda bisa mencoba untuk menjadi vegetarian, cara ini adalah langkah yang cukup ampuh menormalkan kembali laju endap darah yang terlalu tinggi dalam jangka waktu sekitar 2 sampai 3 bulan. Yang paling penting adalah kedisiplinan dalam menjaga pola makan.
  3. Langkah selanjutnya adalah melakukan terapi akupuntur yang dapat dilakukan di pusat-pusat kesehatan yang menawarkan jasa akupuntur. Pastikan anda melakukan terapi akupuntur ditempat- tempat yang terjamin keamanannya dan ditangani oleh tangan-tangan profesional untuk menghindari mal praktik.

Itulah pembahasan tentang laju endap darah yang digunakan sebagai penunjang pihak klinis untuk mendiagnosa pasien. Apabila anda mengalami laju endap darah tinggi, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter, khususnya dokter spesialis yang mendalami tentang kelainan darah atau dokter yang mendalami tentang infeksi.

(Visited 1,361 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *