kalender masa subur

Apa Sih Kalender Masa Subur Itu?

Posted on

Bagi Anda yang sedang dalam masa merencanakan kehamilan, kalender masa subur menjadi hal yang cukup penting untuk diketahui dan Anda terapkan.

Kerena dengan kalender tersebut Anda dapat memperkiraan masa subur Anda, kapan harus berhubungan dengan pasangan agar dapat segera hamil dan memiliki momongan.

Yuk kita cari tahu apa itu masa subur agar Anda paham betul dan mampu merencanakan kehamilan dengan baik dan dapat dengan segera mendapatkan momongan seperti yang sudah diharapkan.

Mengenal Arti Masa Subur

masa suburApa Anda sudah tahu apa itu masa subur? Masa subur merupakan waktu dimana sel telur pada wanita dalam kondisi siap dan mudah untuk dibuahi.

Masa ini terjadi secara periodik setiap bulannya. Biasanya antara wanita satu dan yang lain rentang masa subur berbeda-beda tergantung siklus datang bulan mereka.

Jika pasangan suami istri melakukan hubungan pada saat wanita dalam masa subur, maka kemungkin terjadinya pembuahan akan semakin tinggi sehingga kemungkinan terjadinya kehamilan akan semakin tinggi pula.

Sebagian besar wanita pastinya mengalami siklus bulanan yang akan berulang dan teratur setiap bulannya sehingga masa subur akan mudah ditandai. Nah di sini peran kalender masa subur menjadi sangat penting.

Siklus bulanan wanita seperti yang sudah disinggung di atas berbeda-beda. Rentang waktu siklus bulanan yang normal biasanya adalah sekitar 23 sampai dengan 35 hari. Siklus bulanan wanita yang paling umum adalah 28 hari.

Siklus ini dihitung mulai dari awal datang bulan atau haid sampai awal haid pada hari berikutnya. Biasanya masa-masa subur akan terjadi pada rentang hari ke 12 sampai hari ke 16 dihitung dari awal haid.

Pada masa subur ini sel telur pada wanita dilepaskan. Masa subur wanita pun berbeda antara wanita satu dengan yang lainnya.

Kalender Masa Subur & Cara Mengetahui Masa Subur

Kalender masa subur dapat juga disebut dengan kalender ovulasi karena masa subur wanita adalah saat terjadinya proses ovulasi. Kalender ini biasanya terbagi menjadi empat bagian. Kita ambil contoh siklus bulanan wanita 28 hari, maka kalender yang dapat dibuat dapat dibagi menjadi empat fase sebagai berikut.

  • Hari ke 1 sampai hari ke 7 adalah masa periode menstruasi. Pada masa ini terjadi peluruhan pada bagian dinding rahim yang disebabkan karena tidak terjadi pembuahan pada sel telur yang sudah dilepaskan.
  • Hari ke 6 sampai hari ke 10 merupakan fase penebalan kembali dinding rahim. Pada fase ini peluruhan sudah sepenuhnya berhenti.
  • Hari ke 11 sampai hari ke 18 adalah periode subur yakni periode ovulasi. Pada periode ini masa paling subur biasanya terjadi pada kisaran hari ke 14.
  • Hari ke 19 sampai hari ke 28 adalah masa dimana dinding rahim terus menebal sampai terjadi peluruhan pada awal siklus selanjutnya.

Agar dapat menggunakan kalender dengan tepat dan dapat memprediksi masa subur dengan tepat Anda harus rajin mencatat tanggal awal haid tiap bulannya karena siklus tiap wanita akan berbeda-beda.

Kalender ini dapat Anda gunakan apabila Anda memiliki siklus bulanan yang teratur dan dapat diprediksi.

Jika siklus Anda tidak teratur maka akan sulit untuk memprediksi masa subur Anda menggunakan kalender masa subur. Kini juga telah hadir kalender yang memiliki bentuk seperti kalkulator dan dapat Anda unduh secara gratis di playstore.

Bagi pengguna gawai pintar jenis android pasti akan sangat dimudahkan dengan kehadiran kalender dalam bentuk aplikasi ini. Jika Anda penasaran, Anda bisa coba mengunduhnya dan mulai menggunakannya. Selamat mencoba!

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *