buah vitamin c
Buah Yang Mengandung Vitamin C
03/31/2017
coklat kemerahan
Cara Memilih Warna Rambut Coklat Kemerahan untuk Wanita
04/04/2017

Cara Mengetahui Perhitungan Kalender Kesuburan Wanita

kalendar kesuburan

Membuat kalender kesuburan merupakan hal yang sangat penting bagi Anda yangs edang ingin menjalankan program kehamilan. Hal ini bertujuan agar keumungkinan dari kehamilan lebih besar. Selain itu, dengan mengetahui perhitungan kesuburan Anda dengan sangat mudah menentukan kemungkinan Anda mendapatkan kehamilan. Lalu, bagaimana cara membuat kalender perhitungan kesuburan?

Faktanya, dalam sebuah siklus mentruasi ternyata hanya ada satu hari yang benar-benar merupakan sangat subur. Untuk itu, Anda tidak bisa melewatkan hari subur tersebut jika sedang menjalankan program kehamilan. Selain itu, peluang terjadinya kehamilan sangat tinggi saat Anda melakukan hubungan intim dengan pasangan pada hari subur. Untuk itu diperlukanlah kalender sebagai pendukung program kehamilan Anda. Caranya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Perhitungan Kalender Kesuburan

Dalam menghitung kalender, Anda hanya membutuhkan jadwal siklus haid Anda perbulan. Jika siklus haid terhitung dalam 28 hari dan hari pertama haid disebut sebagai hari pertama, maka masa subur berada pada hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam siklus haid. Sebagai contohnya: Jika Anda mendapatkan haid dimulai dari tanggal 10 Maret, maka tanggal tersebut terhitung sebagai hari pertama. Maka hari keduabelas sebagai hari subur jatuh pada tanggal 21 Maret dan hari keenambelas pada tanggal 25 Januari.

Perhitungan Kalender Kesuburan untuk Sikus Haid Tidak Teratur

Namun, dalam siklus haid biasanya beberapa wanita memiliki siklus haid yang tidak teratur atau berubah-ubah setiap bulannya. Untuk menangani itu semua, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Catatlah siklus haid selama 6 bulan. Satu siklus haid terhitung sejak siklus haid pertama hingga siklus haid pertama berikutnya
  2. Kurangi jumlah terpendek dalam 6 siklus haid Anda dengan 18. Maka, hasil dari tersebut akan didapatkan hari pertama subur. Untuk jumlah terpanjang dari 6 siklus,

Anda harus menguranginya dengan 11 sehingga akan didapatkan hari terakhir dari hari subur Anda.

kesuburanDengan membuat perhitungan kalender kesuburan akan memiliki manfaat yang sangat baik untuk program kehamilan Anda. Dengan mengacu pada kalender ini, maka Anda dengan mudah menentukan waktu yang tepat untuk kehamilan Anda. Selain itu, dengan mengetahui perhitungan ini akan bermanfaat untuk bagi Anda yang sedang menjalankan program KB atau program penunda kehamilan.

Dengan adanya kalender, akan membuat suami dan istri memiliki acuan dalam menjalankan program kehamilan atau menjaga program KB mereka. Selain itu, cara memperhitungkan waktu subur pun cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Jika Anda masih bingung, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Namun, untuk lebih mudahnya Anda bisa menghitung sendiri hari kesuburan Anda.

Jika Anda masih bingung, kini sudah banyak aplikasi pada smartphone Anda untuk membuat kalender Anda. Dengan mengunduh sebuah aplikasi pada playstore, maka Anda bisa mengetahui hari subur Anda. Biasanya pada palikasi perhitungan tersebut, Anda diminta untuk measukan siklus haid dan secara otomatis akan tersaji hari subur Anda Dengan begitu tidak perlu khawatir jika program KB Anda tidak berjalan lancar.

Begitu pun dengan Anda yang sedang menjalankan program kehamilan, dengan begini Anda bisa memastikan waktu-waktu dimana Anda berhubungan dengan pasangan sehingga kemungkinan adanya kehamilan akan semakin tinggi. Namun, perlu diingat kehamilan tidak hanya ditentukan pada perhitungan kalender yang tepat tetapi juga ada beberapa factor eksternal dan internal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *