sipilis pada wanita

Jenis Sipilis Pada Wanita dan Cara Mengobatinya

Posted on

Sipilis adalah sejenis penyakit kelamin yang bisa dialami semua orang baik pria maupun wanita. Penyakit ini cukup berbahaya bahkan bisa berujung kematian, apalagi gejalanya ringan sehingga tidak disadari oleh orang yang terinfeksi.

Umumnya perkembangan penyakit sipilis pada wanita dibagi menjadi beberapa tahapan dengan gejala berbeda-beda.

Tahapan yang dimaksud meliputi Sipilis Primer, Sipilis Sekunder, Sipilis Laten dan Sipilis Tersier.

Gejala-Gejala Sipilis

Pada saat pertama kali terinfeksi, seseorang bisa dikatakan mengalami Sipilis Primer. Kondisi ini ditandai dengan munculnya luka sekitar 10-90 hari pasca tubuh terinfeksi bakteri. Luka ini tidak menimbulkan rasa sakit sehingga kerap kali diabaikan oleh penderita.

Sipilis pada wanita biasanya ditandai munculnya luka di area vagina atau bisa juga muncul di bibir atau ruas-ruas jari. Luka yang muncul biasanya hanya satu luka namun ada beberapa kasus yang muncul dengan beberapa luka.

Luka akan pulih dengan sendirinya sekitar 3-6 minggu kemudian.

Jika tidak dicegah, sipilis primer akan berlanjut ke tahap berikutnya yaitu Sipilis Sekunder. Sipilis sekunder ditandai dengan munculnya ruam di telapak tangan/kaki atau bisa juga bagian tubuh lain.

Tanda-tanda sipilis pada wanita untuk tahap kedua ini biasanya muncul semacam kutil di area vagina.

jenis sipilis pada wanita

Gejala lain sipilis sekunder mirip dengan gejala flu. Penderita sering merasakan sakit kepala, demam, nyeri sendi dan mudah lelah.

Gejala selanjutnya penderita akan mengalami kerontokan rambut, penurunan berat badan dan pembengkakan pada kelenjar limfa. Gejala-gejala tersebut akan hilang setelah beberapa minggu.

Gejala akan muncul dan menghilang berulang kali pada bulan-bulan berikutnya.

Jika gejala sipilis sekunder juga tidak mendapat penanganan, maka akan berlanjut ke tahap berikutnya yaitu Sipilis Laten. Pada tahap ini bakteri sipilis tetap ada namun tidak menunjukkan gejala apapun.

Pada 2 tahun pertama di tahapan sipilis laten, infeksi masih bisa ditularkan melalui kontak seksual. Namun setelah 2 tahun ke atas sudah tidak bisa ditularkan lagi meskipun bakteri masih ada dalam tubuh penderita.

Tahap sipilis laten ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

Jika sampai tahap sipilis laten tidak diobati maka akan berlanjut ke tahap paling akhir yaitu Sipilis Tersier. Sipilis tersier adalah tahapan sipilis paling berbahaya.

Bisa dikatakan ini merupakan akumulasi sipilis primer, sekunder dan laten sehingga bisa menyebabkan kematian.

Dampak sipilis tersier terjadi pada otak, mata, pembuluh darah, hati, jantung, tulang dan sendi. Akibatnya penderita bisa mengalami kematian mendadak seperti serangan jantung dan stroke.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *