penyakit kelamin pada pria dan wanita

Jenis Penyakit Kelamin Gonore Pada Pria dan Wanita

Posted on

Jangan sampai anda terkena penyakit yang cukup mengerikan ini. Penyakit kelamin pada wanita atau pria sebenarnya bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini bisa terjadi karena beberapa gejala.

Jenis penyakit kelamin gonore atau kencing nanah ini merupakan penyakit yang bisa menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang bernama gonoorrhoeae atau gonococcus. Baik pria dan wanita bisa terjangkit penyakit ini. Bakteri tersebut bisa ditemukan di cairan penis atau vagina dari penderita.

Bakteri ini juga bisa menyerang dubur, serviks, uretra mata, hingga tenggorokan.

Namun kencing nanah ini sering menular lewat seks, baik seks oral, anal, mainan seks yang sudah terkontaminasi atau tidak dilapisi dengan kondom yang baru, dan berhubungan seks tanpa kondom.

Namun ada hal lain yang bisa anda ketahui bahwa penyakit ini juga bisa menyerang bayi saat proses kelahiran, jika ibunya sudah sudah terlebih dahulu mengidap penyakit ini.

Untuk bakteri ini tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh dalam waktu yang lama, itulah sebabnya penyakit ini tidak bisa menular seperti melalui dudukan toilet, peralatan makan, kolam renang, handuk, berbagai gelas, dan pelukan.

Penyebab Penyakit Kelamin Gonore Pada Wanita Atau Pria

jenis penyakit kelaminUntuk kisaran 10 persen pria akan mengalami infeksi jenis penyakit kelamin gonore dan 50 persen wanita tidak terinfeksi tidak menalami gejalanya, sehingga banyak dari penyakit ini akan menularkan kepada pasangannya.

Untuk mengetahui ini bisa mudah pada pria dibandingkan wanita, karena gejala awal pada wanita bisa mungkin ringan atau tidak terlalu jelas terlihat. Sehingga untuk wanita akan sangat keliru ketika dianggap infeksi pada vagina atau kandung kemihnya.

Infeksi pada wanita akan menyerang organ panggul wanita jika tidak segera dilakukan pengobatan dan bahkan bisa menyebabkan pendaharan pada vaginanya.

Baca Juga:  Mengenali Ciri Ciri Sipilis dan Pencegahan Infeksi Sipilis

Penyakit ini biasanya muncul pada dalam waktu 2-7 hari setelah mengalami infeksi. Pada penderita infeksi ini biasanya selama beberapa minggu atau terjadi beberapa bulan kemudian akan mengalami rasa sakit yang berlebihan saat kencing.

Ada beberapa gejala timbulnya pada jenis penyakit kelamin pada pria atau wanita, yaitu :

  1. Dorongan untuk berkemih
  2. Cairan yang keluar dari dalam vagina
  3. Nyeri saat berkemih
  4. Mengalami demam

Pada penderita gejala infeksi ini akan menderita tidak nyaman pada kehidupan sehari-harinya. Gejala ini sering ini akan muncul pada pria dan wanita diantaranya saat buang air kecil akan terasa perih atau sakit.

Untuk wanita yang biasanya akan menyerang pada bagian leher rahim, slauran telur, indung telur, serta uretra bahkan juga rektum yang akan menyebabkan timbulnya masalah pada nyeri pinggul.

Saat keluar air kencing berbarengan dengan cairan kental berwarna kuning atau hijau pada penis atau vagina. Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis terdekat. Lalu bagaimana untuk pengobatan jenis penyakit kelamin gonore ini, yaitu :

  • Tidak ganti-ganti pasangan saat hubungan seks
  • Lakukan pencegah menggunakan kondom
  • Lakukan pemeriksaan ulang hingga tuntas

Ketika anda sudah mengetahui dari timbulnya penyakit ini dan pengobatannya bisa langsung anda praktekkan agar tidak mengenai pada diri anda. Sebar luaskan info ini kepada saudara, teman, bahkan kerabat yang ada untuk mencegah terkenanya penyakit infeksi ini.

Jika ada tanda-tanda yang memang mencurigakan bisa langsung pergi ke dokter spesialis.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Baca Juga:  Jenis Sipilis Pada Wanita dan Cara Mengobatinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *