impotensi

Gejala, Penyebab Lemah Syahwat dan Pengobatannya

Posted on

Lemah syahwat sering juga disebut impotensi atau disfungsi ereksi. Kasus ini umumnya terjadi pada pria usia 40 tahun ke atas.

Saat berada pada kondisi ini pria akan mengalami kendala ketika memulai serta mempertahankan ereksi akibat menurunnya gairah seksual.

Penyebab lemah syahwat sendiri dipengaruhi oleh faktor fisik dan nonfisik (psikologis). Penyebab secara fisik biasanya terjadi penyempitan pembuluh darah sehingga terhambat dialirkan ke penis, bisa juga karena cidera atau ketidakseimbangan hormon.

Selain faktor fisik dan psikologis obat-obatan jenis tertentu juga bisa menyebabkan impotensi. Beberapa contohnya yaitu obat anti-psikotik serta obat anti-depresan.

Gaya hidup yang tidak sehat juga disebut-sebut menjadi biang keladi masalah disfungsi ereksi. Misalnya kecanduan narkoba atau terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol.

Gejala Lemah Syahwat

lemah syahwatBanyak orang menganggap lemah syahwat atau impotensi sama dengan ejakulasi dini. Padahal definisi keduanya jauh berbeda.

Kasus ejakulasi dini sedikit masih ringan karena pria masih bisa mendapatkan ereksi, hanya saja proses hubungan seks mulai dari ereksi hingga ejakulasi berjalan begitu cepat.

Sedangkan impotensi adalah kondisi dimana pria sangat kesulitan mendapatkan ereksi untuk memulai hubungan seksual.

Jika merasakan gejala lemah syahwat pada diri sendiri atau pasangan sebaiknya segera menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Hal ini penting karena besar kemungkinan gejala tersebut adalah awal gangguan kesehatan lain seperti diabetes atau penyakit yang berhubungan dengan cardiovascular.

Ada kalanya gejala impotensi atau lemah syahwat ini tidak konsisten, artinya kadang tiba-tiba muncul, lalu tiba-tiba hilang dan tidak muncul lagi. Jika gejalanya seperti ini maka impotensi tersebut disebabkan oleh faktor psikologis.

Penyebab Lemah Syahwat

Ketika pria mengalami ketertarikan secara seksual maka otaknya akan mengirim sinyal ke syaraf di penis. Syaraf ini secara otomatis meningkatkan aliran darah sehingga jaringan pada penis membesar dan mengeras.

Pria mengalami impotensi ketika sistem syaraf, aliran darah, dan otak sulit memicu ereksi atau ketika tingkat libidonya terganggu.

Penyebab dari sisi psikologis lemah syahwat dipengaruhi beberapa hal seperti kecemasan, depresi, stress berlebihan atau masalah lain dalam rumah tangga.

Penyebab yang bersifat psikologis umumnya menunjukkan gejala yang berbeda yakni ereksi masih bisa didapat namun hanya pada waktu-waktu tertentu.

Contohnya ketika bangun tidur masih mendapatkan ereksi dan berhasil melakukan masturbasi, tapi ketika berhadapan dengan pasangan tak mampu mendapatkan ereksi.

Penyebab lemah syahwat dari faktor fisik mencakup banyak hal seperti diabetes, stroke, obesitas, hipertensi, sindrom cushing, kelainan jantung, kolesterol tinggi, ketidakseimbangan hormon tiroid dan kadar hormon testosterone yang rendah.

Sclerosis multiple pertumbuhan jaringan parut dalam penis (peyronie), penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis) serta sindrom metabolic juga disebut kondisi fisik yang menyebabkan disfungsi ereksi.

Sindrom metabolic sendiri merupakan kondisi gangguan kesehatan dimana tekanan darah, insulin, lemak, dan kadar kolesterol mengalami peningkatan.

Pengobatan Lemah Syahwat

Lemah syahwat bisa diobati dengan mengacu pada penyebabnya. Jika disebabkan faktor psikologis maka pasien perlu penanganan ahli, misalnya psikolog atau psikiater.

Pada kondisi tertentu biasanya pengobatan juga dilakukan dengan obat-obatan khusus seperti Tadalafil, Sildenafil dan Vardenafil.

Jenis-jenis obat tersebut cukup efektif melancarkan aliran darah ke penis meskipun sifatnya hanya sementara. Obat ini hanya boleh dikonsumsi maksimal 1 kali sehari 30 menit sebelum berhubungan seks.

Metode pengobatan lemah syahwat lainnya bisa dengan injeksi hormon testosterone atau bisa juga dengan obat jenis suppositoria prostaglandin. Obat ini digunakan dengan cara dimasukkan se saluran uretra untuk merangsang ereksi.

Alternatif terakhir adalah dengan cara bedah atau operasi. Tindakan operasi biasanya hanya untuk kasus impotensi akibat adanya masalah anatomi penis atau cidera serius bagian panggul.

(Visited 24 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *