menstruasi

Gangguan Menstruasi Pada Wanita

Posted on

Untuk sebagian wanita yang sudah remaja atau mungkin dewasa pastinya sudah sangat hafal dengan yang dinamakan menstruasi. Menstruasi merupakan sebuah siklus kewanitaan yang sangat wajar dialami oleh wanita pada umumnya.

Siklus ini terjadi karena adanya gangguan pada dinding rahim yaitu dimana seharusnya dinding rahim sudah siap untuk dibuahi dan mengeluarkan sel telurnya namun tidak ada yang membuahi, maka bagian dinding rahim yang tebal akan meluruh sebagai sebagian feed back dari tidak adanya pembuahan.

Umumnya menstruasi terjadi atau berawal pada anak usia 9-15 tahun. Berbeda lagi jika adanya gangguan menstruasi, misalnya awal menstruasi yang datang di usia yang masih sangat muda seperti 7 atau 8 tahun atau juga menstruasi yang tidak lekas muncul, selengkap akan dibahas.

Selain itu secara umum menstruasi juga terjadi selama kurun waktu 5-10 hari, tapi tidak menutup kemungkinan adanya masa menstruasi yang singkat atau juga lama.

Setelah masa menstruasi itu maka siklus akan kembali berjalan dan menstruasi berikutnya akan muncul dalam kurun waktu 28-30 hari dan paling telat yaitu 35 hari.

gangguan menstruasi

Penyebab Gangguan Menstruasi

Namun, tak bisa di elakkan bahwa ternyata tak sedikit juga kaum perempuan yang mengalami gangguan yang pada akhirnya mengakibatkan adanya ketidak normalan pada siklus menstruasi. Gangguan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Masa menstruasi yang singkat

Artinya adalah siklus pasca menstruasi anda belum mencapai masa normal minimal yaitu 28 hari namun sudah mengalami menstruasi lagi. Biasanya hal ini diakibatkan karena produksi hormon wanita yang berlebih.

Masa menstruasi yang lama (telat menstruasi)

Telat mens mengandung banyak arti yang sangat beragam seperti mengalami masa kehamilan yang bisa mengakibatkan wanita berfikir bahwa ia telat menstruasi, namun hal ini sangat normal. Apabila wanita telat mens dan bukan karena hamil ini baru tidak normal.

Nyeri pre-menstruasi

Rasa nyeri yang timbul sebelum menstruasi tentu sangat wajar, namun bila menstruasi anda terganggu maka bisa menimbulkan rasa neyeri yang sangat hebat dibagian perut atau diatas bagian vagina perempuan.

Beberapa gangguan menstruasi diatas tentunya sangat membuat kaum hawa tidak nyaman dan cemas. Berikut beberapa penyebab dari gangguan menstruasi yang biasanya terjadi:

Stress

Banyak pikiran, pekerjaan yang menumpuk, patah hati dan lain sebagainya yang dapat menimbulkan stress sangat berpengaruh pada terjadinya gangguan mens wanita. Stress dapat menghambat kelancaran tubuh memproduksi hormon.

Alat kontrasepsi

Hati – hati loh bunda jika ingin menggunakan alat kontrasepsi. Karena jika alat tersebut tidak cocok bisa menimbulkan efek samping yang salah satunya itu adalah gangguan pada siklus mens.

Penyakit kista

Gumpalan pada bagian rahim ini tentu sangat berbahaya dan menyebabkan menstruasi tidak teratur karena mengganggu produksi hormon.

Dan beberapa hal lain seperti gangguan kelenjar tiroid, gaya hidup yang salah dan malnutrisi.

Untuk mengatasi gangguan menstruasi yang anda alami sebenarnya sangat mudah dan tidak merepotkan. Lakukan konsumsi makanan yang bisa mempercepat menstruasi seperti buah jeruk. Lakukan olahraga rutin agar kondisi tubuh tetap dalam keadaan normal.

Hilangkan stres anda dan makan atau minumlah hal – hal yang bergizi yang bisa mendukung tubuh anda serta organ-organ penting lainnya untuk bekerja sesuai aturan.

Jika anda mengalami masalah yang lebih serius segera ambil tindakan dokter segera dan jangan ditunda-tunda.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *