ciri ciri pria mandul

Ciri ciri Pria Mandul dan Cara Mengatasinya

Ciri Ciri Pria Mandul – Istilah mandul merupakan istilah yang merujuk pada ketidakmampuan untuk memiliki keturunan setelah melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi. Mandul sendiri dapat dialami oleh semua orang, baik pria mau pun wanita. Ada pun pembahasan kali ini akan lebih difokuskan pada kemandulan yang dialami oleh seorang pria.

Seorang pria yang mandul biasanya memiliki ciri-ciri tertentu. Ada pun ciri-ciri pria mandul diantaranya adalah memiliki kualitas sperma yang buruk, testis yang tidak turun, impotensi, gangguan hormon, dan kelainan genetik.

Ciri lainnya adalah adanya tumor, mobilitas yang tidak baik, dan adanya aglutinasi. Ciri-ciri tersebut merupakan ciri-ciri yang umumnya ditemui pada pria yang tidak bisa memiliki keturunan atau mandul.

Ciri Ciri Pria Mandul dan Penyebabnya

Ciri ciri pria mandul yang telah disebutkan sebelumnya dapat terjadi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor tersebut dapat berupa penyakit atau pun kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh seseorang. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa ciri-ciri pria mandul dan penyebabnya.

Varikokel

Varikokel merupakan dilatasi pembuluh darah di sepanjang korda spermatika. Verikolel menyerupai varises yang menyebabkan terjadinya gangguan kesuburan pada pria.

Ukuran Testis

Ukuran testis juga dapat mempengaruhi kemandulan seseorang. Hal ini disebabkan karena testis merupakan tempat dimana sperma dibentuk.

Ejakulasi Dini

Gangguan ejakulasi dini menjadi salah satu penyebab terjadinya kemandulan pada pria. Hal ini disebabkan karena cairan semen masuk ke dalam kandung kemih dan tidak dapat keluar melalui penis.

Prostatitis

Penyakit infeksi prostat merupakan salah satu penyakit yang jika dibiarkan begitu saja dalam waktu lama akan mengakibatkan seorang pria mengalami kemandulan.

Diabetes

Penyakit diabetes juga dapat mempengaruhi sistem reproduksi seseorang. Hal ini disebabkan karena sperma dari penderita diabetes akan mengalami kerusakan DNA sehingga tidak akan bisa melakukan pembuahan.

Baca Juga:  Obat Untuk Gusi Bengkak: Medis dan Tradisional

Setelah mengetahui ciri-ciri dan penyebab pria mengalami mandul. Sekarang saatnya mengetahui cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk mengatasi dan mencegah terjadinya kemandulan pada pria, maka anda dapat beberapa hal berikut, yang diantaranya adalah dengan mengurangi konsumsi minuman berakohol, menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, dan memperhatikan dosis obat yang dikonsumsi pada saat sedang sakit tertentu.

Selain itu, anda dapat memperbanyak konsumsi air putih, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan rajin berolahraga agar produksi sperma dan kualitas dari sperma yang dihasilkan akan lebih baik.

Hal utama yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah mandul ini adalah berkonsultasi dengan dokter ahli agar dapat mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Demikian pembahasan tentang ciri ciri pria mandul dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda lebih tahu tentang kemandulan pada pria.

(Visited 112 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *