cara merawat kelinci anggora

Begini Cara Merawat Kelinci Anggora di Rumah

Posted on

Dari sekian banyak ras kelinci hias, kelinci anggora menjadi salah satu yang paling populer. Hal ini cukup beralasan sebab jenis kelinci ini memiliki bulu lebat yang indah serta tingkah laku yang menyenangkan.

Meski begitu kelinci anggora membutuhkan perawatan ekstra sebab binatang ini ternyata cukup sensitif sehingga membutuhkan perlakuan khusus.

Jika Anda pecinta kelinci hias, memberi perawatan ekstra pada kelinci anggora seharusnya bukan hal yang sulit memberi perhatian dan perawatan secara penuh.

Namun jika Anda masih awam masalah cara merawat kelinci anggora, panduan berikut ini sedikit banyak bisa membantu Anda.

Cara Merawat Kelinci Anggora

Kandang dan Ukuran Kandang

kelinci anggoraKebersihan dan ukuran kandang memiliki peran penting untuk menjaga kelinci tetap sehat secara fisik maupun mental. Disamping itu kelinci anggora sebaiknya ditempatkan secara outdoor, misalnya di halaman berumput agar memiliki keleluasaan bergerak.

Namun jika tidak memungkinkan ditempatkan di luar ruangan, maka harus diperhatikan ukuran kandang, pencahayaan, sanitasi, dan kebersihan kandang.

Kandang yang ideal untuk kelinci anggora adalah 3x ukuran tubuhnya. Minimal 50 cm x 50 cm untuk 1 ekor kelinci. Kandang yang terlalu sempit membuat kelinci mudah stress dan mati karena ruang geraknya terbatas.

Usahakan kandang kelinci mendapat pencahayaan yang cukup. Kandang yang kurang cahaya biasanya lembab dan menjadi tempat berkembangbiak bibit penyakit.

Satu dari cara merawat kelinci anggora yang benar yaitu dengan pengaturan sanitasi yang tepat. berikan celah yang cukup pada dasar kandang supaya kotoran mudah keluar dari kandang. Ini penting agar kandang tetap kering dan tidak berbau.

Pasang tempat penampung kotoran di bawah dasar kandang agar kotoran mudah dibersihkan dan dibuang. Kebersihan kandang juga harus diperhatikan.

Kotoran maupun sisa-sisa pakan yang menempel di dasar kandang harus segera dibersihkan sebelum menjadi sarang penyakit.

Kebutuhan Makanan dan Air

cara merawat kelinciKelinci anggora termasuk binatang herbivora dimana makanan alami yang ia butuhkan adalah rumput-rumputan, sayuran maupun buah-buahan. Namun kadang tidak semua jenis makanan tersebut bisa diberikan.

Cara merawat kelinci anggora yang benar yaitu dengan memberi makanan berupa sayuran kaya vitamin dan mengandung serat tinggi. Misalnya daun kubis, wortel, selada air dan brokoli.

Selain rumput dan sayuran beberapa jenis buah seperti pepaya, pisang, apel, dan pir juga bagus untuk memenuhi asupan gizi kelinci anggora.

Namun makanan seperti kangkung, bayam, rebung, kentang, dan daun tomat sebaiknya tidak diberikan karena mengandung banyak getah dan kadar gas tinggi.

Sama seperti makhluk hidup lain kelinci juga membutuhkan air. Jadi tidak benar jika ada yang beranggapan bahwa kelinci tidak membutuhkan minum.

Kebutuhan air untuk kelinci anggora tergantung dari aktivitasnya namun rata-rata kebutuhannya mencapai 0,5 – 1 liter per hari.

Sayuran memang menyumbang kebutuhan asupan air namun jumlahnya tentu saja tidak cukup. Jadi untuk cara merawat kelinci anggora yang sempurna harus ada keseimbangan antara asupan makanan dan minumannya.

Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikologis

Cara merawat kelinci anggora yang terakhir yaitu dengan menjaga kesehatan fisik dan psikologisnya. Agar kesehatan fisik dan psikologis kelinci tetap stabil hindarkan kelinci dari stress.

Jangan selalu mengurungnya dalam kandang karena pada dasarnya kelinci adalah hewan yang aktif dan senang bergerak kesana-kemari.

Beri ia kesempatan menikmati alam bebas untuk membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap kondisi alam sekitarnya.

Intinya berikan jadwal tetap pada kelinci anggora Anda untuk bebas bermain di luar namun harus tetap dalam pengawasan.

Pastikan juga tidak ada predator berbahaya disekitar tempatnya bermain.

(Visited 25 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *