cara menyembuhkan gusi bengkak

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Alami dan Terbukti Ampuh

Posted on

Masalah gusi bengkak memang cukup sering dihadapi banyak orang. Kondisi ini tentu sangat mengganggu, bukan hanya sakit tapi juga bisa mengurangi penampilan karena pipi terlihat membengkak sehingga cara menyembuhkan gusi bengkak pun harus dilakukan.

Gusi bengkak bisa terjadi apabila ada adanya infeksi bakteri yang terjadi di daerah gigi. Akibatnya gusi pun membengkak yang disertai dengan rasa nyeri pada gusi, bau mulut hingga pembentukan nanah antara gusi dan gigi. Bicara mengenai penyebabnya bisa cukup beragam.

Hanya saja penyebab utamanya ialah kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan, adanya infeksi, pemakaian kawat gigi dan lainnya.

Kemudian, agar terhindar dari masalah gigi bengkak tersebut, ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi seperti rajin menyikat gigi, melakukan flossing benang dan rutin cek ke dokter. Apabila telah mengalami masalah gigi bengkak ini maka penderita bisa konsumsi obat dari dokter.

Selain itu ada juga cara lainnya dengan menggunakan berbagai macam bahan alami. Karena berbahan alami maka dari itu tidak akan ada efek samping yang harus dikhawatirkan. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk atasi masalah gusi yang bengkak tersebut.

Berkumur Air Garam

garamCara pertama adalah berkumur air garam yang telah sering dilakukan orang saat alami gusi bengkak. Hal ini sangat baik dilakukan karena garam sendiri memiliki sifat antiseptik yang tentu saja akan membantu membunuh bakteri yang sebabkan gusi bengkak tersebut.

Yang harus dilakukan ialah mencampurkan garam ke dalam air dan gunakan untuk berkumur. Lakukanlah hal ini 2 hingga 3 kali sehari sehingga hasilnya akan maksimal.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Setelah berkumur anda lanjutkan berkumur dengan air bersih. Hal ini sebaiknya dilakukan secara teratur sehingga bisa sembuhkan gusi bengkak lebih efektif.

Berkumur dengan Daun Sirih

Selain berkumur dengan air garam, hal lain yang bisa dilakukan sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak alami ialah dengan daun sirih. Daun sirih ini memang cukup dikenal sebagai bahan alami yang bisa atasi berbagai masalah mulai sakit mata hingga gusi bengkak. Cukup rebus daun sirih dan gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Minyak Cengkih

Sedangkan bahan alami lain yang tentu saja tidak kalah menarik untuk digunakan saat gusi bengkak ialah minyak cengkih. Nyatanya bukan hanya bisa menjadi obat sakit gigi saja akan tetapi bahan alami ini juga mampu menjadi obat gusi bengkak.

Cara penggunaannya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan minyak tersebut ke gusi yang bengkak. Bisa juga ditambah dengan lada hitam agar semakin ampuh.

Pijatan Gusi

Selanjutnya adalah pijatan gusi yang dapat dilakukan sebagai salah satu cara cara menyembuhkan gusi bengkak. Hal ini memang cukup jarang dilakukan. Tapi bagi yang penasaran bisa mencobanya ketika gusi bengkak. Tujuan pijatan ini ialah untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi.

Hidrogen Peroksida/Baking Soda

baking sodaBisa digunakan sebagai obat kumur ketika gusi bengkak terjadi. Dengan berkumur secara rutin maka hal ini bisa mengurangi rasa sakit serta mencegah agar bakteri tidak menyebar.

Menyikat Gigi

Ada pun cara menyembuhkan gusi bengkak alami terakhir yang bisa dilakukan ialah dengan menyikat gigi secara teratur. Dengan lakukan hal tersebut maka kesehatan dan kebersihan gigi akan terjaga.

(Visited 29 times, 1 visits today)

Baca Juga:  Info Kesehatan Reproduksi Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *