cara menghilangkan lalat

9 Cara Mengusir Lalat yang Hobi Mengerumuni Makanan

Cara Mengusir Lalat – Lalat seringkali mengerumuni makanan yang dibiarkan terbuka. Hal tersebut karena lalat berusaha mendapatkan sisa-sisa protein yang ada pada makanan untuk digunakan sebagai pertumbuhan dan regenerasi sel.

Dari sisi positifnya, lalat bisa menjadi penanda bahwa makanan tersebut sudah basi atau pun mengandung bahan kimia yang berbahaya. Namun, dari sisi negatifnya, lalat memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia.

Lalat yang terbang dari satu titik ke titik lain akan mudah menyebarkan kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tipes, disentri, diare, iritasi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, kita harus selalu menutup makanan atau minuman agar tidak dikerumuni oleh lalat untuk mencegah hal tersebut.

Cara Menghilangkan Lalat dengan Ampuh

1. Membuat Larutan Lemon

air lemonLalat cenderung tidak suka dengan bau-bauan tertentu, salah satunya adalah aroma segar dari lemon. Oleh sebab itu, Anda bisa menyiapkan air perasan lemon sebagai cara mengusir lalat yang ampuh.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memeras lemon dan melarutkannya dalam air hangat atau pun air bening biasa. Kemudian masukkan ke dalam sprayer atau alat penyemprot. Setelah itu, semprotkan di sudut-sudut rumah, dan tempat yang rentan dikerumuni lalat.

Alat penyemprot ini bisa Anda beli di toko-toko atau pun menggunakan sprayer bekas. Selain, ampuh mengusir lalat, kesegaran aroma lemon juga akan menyerbak di seluruh rumah sehingga bisa menjadi penyegar ruangan alami.

susu2. Membuat Campuran dari Susu, Gula dan Lada

Selain menyemprotkan aroma yang dibenci lalat, Anda bisa membuat jebakan dengan membuat larutan susu dicampur gula dan lada. Cara membuatnya yaitu panaskan terlebih dahulu susu, lada, dan gula selama 10 menit.

Selama perebusan, aduk-aduk perlahan sampai mendidih. Setelah itu tuang ke mangkok, dan letakkan di atas meja makan atau meja lain yang rentan dihinggapi lalat.

Baca Juga:  Obat Kapalan Secara Alami

Biarkan mangkok berisi larutan tersebut terbuka sampai ada lalat yang tertarik lalu mendekat. Dengan begitu, lalat akan terjebak kemudian tenggelam dalam larutan tersebut. Cara mengusir lalat semacam ini bisa Anda coba apabila lalat sering masuk ke dalam rumah.

3. Memanfaatkan Minyak Aromaterapi

Aroma tertentu tidak disukai oleh lalat sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai pengusir lalat. Anda bisa menggunakan minyak aromaterapi yang memiliki aroma lavender, peppermint, lemongrass, dan citrus.

Caranya adalah dengan mengoleskan aroma tersebut pada permukaan spons dan biarkan sampai meresap. Setelah itu, letakkan spons tersebut di sekitar tempat yang banyak makanan atau pun tempat yang biasa dikerumuni oleh lalat.

Semakin banyak minyak aromaterapi yang dioleskan maka akan semakin membuat lalat tidak tahan mencium baunya. Selanjutnya, cara lain adalah dengan menggunakan alat penyemprot. Kemudian semprotkan minyak tersebut pada bagian-bagian tertentu seperti dapur, ruang makan, jendela, atau pun pintu untuk mencegah lala masuk ke rumah.

cuka apel

4. Memanfaatkan Cuka Apel

Cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kerumunan lalat. Sama seperti ketika membuat larutan susu, lada, dan gula, cuka apel bisa dijadikan sebagai jebakan agar lalat mendekat dan tenggelam.

Berikut pengusir lalat yang bisa Anda lakukan dengan cuka apel:

  • Rebus cuka apel sampai mendidih selama beberapa menit
  • Sembari merebus, siapkan toples yang terbuat dari kaca bening dan berukuran sedang. Lubangi penutup toples kira-kira sebesar ukuran lalat.
  • Kemudian tuang cuka apel ke dalam toples dan tutup dengan penutup yang sudah dilubangi.
  • Letakkan toples di meja makan atau tempat lain yang biasa dikerumuni lalat
  • Lalat yang tertarik akan masuk melalui lubang pada penutup toples, dan kesulitan untuk keluar

5. Menggunakan Nyala Lilin

lilinCara mengusir lalat yang bisa Anda coba yaitu dengan menyalakan lilin. Lilin yang menyala akan menyebarkan hawa panas di sekitarnya, dan lalat tidak menyukai hal tersebut.

Baca Juga:  5 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut dengan Mudah

Namun saat menggunakan lilin, Anda harus berhati-hati dan menjauhkan dari benda yang mudah terbakar. Sebaiknya, gunakan tempat khusus untuk lilin atau pun nyalakan lilin di dalam sebuah gelas.

Jika dirasa sudah aman, letakkan lilin di meja makan atau di tempat lain yang terdapat banyak makanan. Dengan begitu, lalat tidak akan berani mendekat karena hawa panas yang dihasilkan lilin.

Cukup gunakan satu batang lilin saja, namun apabila banyak lalat yang datang, Anda bisa menyalakan lebih dari satu lilin.

6. Menanam Tanaman

Lalat yang sering berkerumun di dalam rumah memang membuat tidak nyaman, dan dikhawatirkan menyebarkan bibit penyakit. Cara pengusir lalat yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menanam tanaman pengusir serangga. Jenis tanaman ini akan mengeluarkan aroma tertentu yang tidak disukai oleh serangga.

Tanaman yang bisa Anda tanam antara lain kantung semar, lavender, tansy, rue, tomat, dan lain sebagainya. Tanamn di dalam pot-pot kecil dan letakkan di sudut-sudut rumah Anda agar mencegah lalat dan serangga lain masuk.

Selain itu, Anda juga bisa membuat taman indoor yang berisi tanaman pengusir serangga tersebut. Selain mneyegarkan udara, rumah Anda pun bebas dari serangga.

7. Memanfaatkan Dedaunan yang Beraroma

Cara mengusir lalat selanjutnya adalah dengan memanfaatkan dedaunan. Terdapat jenis dedaunan yang aromanya tidak disukai oleh lalat antara lain daun mint, daun lavender, dan daun kemangi.

Anda bisa menanam tanaman tersebut di dalam pot kecil, dan letakkan di beberapa tempat seperti ruang makan atau dapur. Selain itu, Anda juga bisa mengambil daunnya saja lalu potong-potong dan letakkan di dalam mangkuk.

Setelah itu, letakkanlah mangkuk di meja makan atau tempat lain yang terdapat makanan. Aroma yang dihasilkan dari dedaunan tersebut akan membuat lalat tidak berani mendekat. Gantilah dedaunan tersebut dengan yang baru apabila terlihat sudah layu dan tidak beraroma.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Laju Endap Darah Tinggi

air di plastik

8. Memasukkan Air ke Dalam Plastik

Pernah melihat plastik berisi air yang digantung? Itu adalah salah satu pengusir lalat yang bisa Anda coba juga. Biasanya plastik tersebut digantung di rumah makan agar menghindari lalat masuk dan mengerumuni makanan.

Caranya pun mudah, Anda hanya perlu menuangkan air ke dalam plastik kemudian ikat menggunakan karet atau lainnya. Setelah itu gantungkan di dekat makanan.

Dengan adanya air di dalam plastik tersebut maka akan membiaskan penglihatan lalat sehingga tidak bisa fokus. Akibatnya, lalat akan pergi menjauh untuk mendapatkan jangkauan penglihatan yang kembali normal. Sebaiknya, jangan isi air sampai memenuhi plastik, cukup setenganya saja agar bisa mengembung.

9. Memanfaatkan Larutan Garam

Cara mengusir lalat bisa juga Anda lakukan dengan mencuci peralatan makan menggunakan sabun yang dicampur larutan garam. Larutan garam ini memiliki banyak fungsi antara lain untuk membunuh jamur, bakteri, dan virus yang menempel pada peralatan makan atau perabotan lain.

Selain itu, Anda juga bisa membersihkan permukaan meja dengan menggunakan larutan garam tersebut agar meja terhindar dari jamur, dan bakteri yang mengganggu kesehatan. Hal terpenting adalah larutan garam juga bisa mengusir semut dan serangga lain termasuk lalat.

Oleh sebab itu teraturlah mencucui peralatan yang kotor dengan sabun yang sudah dicampur larutan garam. Cara yang mudah dan ampuh agar lalat sempurna hilang dari rumah Anda.

(Visited 122 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *