cara menghitung siklus haid

Cara Menghitung Siklus Haid Yang Benar

Posted on

Siklus haid atau menstruasi biasanya terjadi setiap 28 hari sekali. Akan tetapi, setiap orang memiliki siklus menstruasi atau haid yang berbeda-beda.

Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor hormon yang tidak stabil. Hormon yang mempengaruhi siklus haid atau menstruasi seorang wanita adalah hormon estrogen, progestrogen, gonadotropin, pelutein, dan folikel.

Umumnya, proses menstruasi atau haid tersebut berlangsung selama 3 sampai 5 hari. Namun bagi beberapa wanita yang tidak mengalami siklus haid atau menstruasi yang normal, maka proses tersebut bisa menjadi lebih singkat dengan jangka waktu siklus yang lebih lama dari 28 hari.

Untuk mengetahui apakah diri anda mengalami siklus haid atau menstruasi yang normal atau tidak, anda dapat menghitung siklus haid anda. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara menghitung siklus haid yang benar.

Cara Menghitung Siklus Haid Wanita

Seorang wanita seharusnya mengetahui cara menghitung siklus haid, sehingga dapat menghindari berbagai hal buruk yang tidak diinginkan. Dengan menghitung siklus haid, anda juga dapat mengetahui kapan masa subur seorang wanita.

Dimana pada saat masa subur tersebut, sangat direkomendasikan untuk melakukan hubungan seksual agar dapat mempunyai buah hati.

Ada beberapa cara menghitung siklus menstruasi pada wanita yang perlu anda ketahui, salah satu cara tersebut akan lebih dijelaskan di bawah ini.

Menstruasi teratur antara 26 sampai dengan 30 hari

cara menghitung siklus menstruasiDengan begitu anda perlu menghitung dari tanggal pertama anda mengalami menstruasi pada bulan tertentu sampai dengan bulan berikutnya untuk mengetahui apakah siklus menstruasi atau haid anda normal atau tidak.

Biasakan diri untuk menandai kalender setiap kali anda mengalami menstruasi atau haid. Hal ini akan membantu anda dalam mengingat tanggal berapa anda mengalami haid atau menstruasi sehingga anda tidak akan kebingungan pada saat ingin menghitung siklus haid anda.

Apa bila anda memiliki siklus haid atau menstruasi yang normal, maka anda tidak perlu khawatir. Namun, anda juga perlu mengetahui beberapa gejala yang biasanya menandakan siklus haid tidak lancar.

Ada pun gejala tersebut dapat berupa pendarahan menstruasi yang berlangsung sampai lebih dari 7 hari, siklus menstruasi atau haid yang akan terpisah lebih lama dari siklus normal, terjadi pendarahan di luar siklus menstruasi atau haid, dan periode mensturasi atau haid akan berhenti secara tiba tiba padahal anda tidak sedang hamil.

Anda dapat mengatasi gejala-gejala tersebut dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Selain itu, anda juga dapat mengatasinya dengan merubah pola hidup anda dengan menjalankan pola hidup sehat dan teratur.

Demikian pembahasan tentang cara menghitung siklus haid yang benar. Sekarang anda dapat menghitung siklus dengan mudah, selamat mencoba!

(Visited 19 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *