keringat buntet

Gejala dan Cara Menghilangkan Keringat Buntet

Cara Menghilangkan Keringat Buntet – Miliaria atau keringat buntet merupakan sebuah gangguan pada kulit yang ditandai dengan munculnya ruam-ruam kecil berwarna kemerahan. Gangguan kulit yang sering disebut dengan biang keringat ini juga cukup menonjol dan menyebabkan rasa gatal yang sering tidak tertahankan.

Bahkan, biang keringat juga sering menyebabkan pasien mengalami sensasi rasa perih dan menyengat di bagian kulit. Kelainan kulit ini biasanya sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Namun, bukan tidak mungkin jika remaja dan orang dewasa juga dapat terserang oleh gangguan atau kelainan pada kulit ini.

Kondisi munculnya ruam-ruam kecil pada bayi dan anak-anak dapat terjadi di seluruh bagian tubuh, seperti pada bagian leher, wajah, punggung, paha, dada, maupun bagian tubuh lainnya.

Berbeda dengan bayi dan anak-anak, orang dewasa biasanya mengalami biang keringat pada bagian lipatan kulit yang sering mengalami gesekan dengan pakaian.

cara menghilangkan keringat buntet

Jenis-Jenis Keringat Buntet

Meskipun pada umumnya keringat buntet memiliki ciri-ciri yang sama, namun ternyata kelainan pada kulit ini dapat digolongkan menjadi beberapa jenis.

Penggolongan jenis penyakit miliaria ini didasarkan atas tingkat keparahan dan gejala yang ditimbulkan. Mengenal jenis penyakit miliaria ini memang sangat penting.

Hal ini bertujuan agar cara mengobati yang Anda lakukan bisa sesuai dengan jenis penyakit yang dialami. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis biang keringat yang wajib Anda kenali:

1. Miliaria Rubra

Jenis biang keringat yang satu ini biasanya muncul di bagian lapisan kulit yang cukup dalam. Selain itu, jenis biang keringat ini juga sangat mudah terjadi pada daerah kulit yang lembap atau bersuhu panas.

Miliaria Rubra dapat dikenali dari beberapa gejala yang ditimbulkan. Beberapa gejala dari Miliaria Rubra yaitu berupa mengalami kondisi gatal dan sensasi menyengat pada kulit serta muncul bintil-bintil kecil yang berwarna merah.

Baca Juga:  Penyebab Mandul atau Kemandulan Pada Pria dan Wanita

Kulit yang mengalami biang keringat jenis ini akan meradang dan akan terasa sakit karena keringat di dalam tubuh tidak mampu keluar melalui permukaan kulit tersebut.

lari

2. Miliaria Kristalina

Miliaria Kristalina merupakan jenis yang paling ringan di antara jenis biang keringat lainnya. Hal ini disebabkan karena jenis biang keringat ini hanya mempengaruhi bagian saluran keringat di lapisan kulit paling atas.

Gejala lain yang ditimbulkan dari kelainan ini adalah kemunculan binti-bintik berwarna kemerahan dan berisi cairan yang berwarna jernih. Miliaria Kristalina merupakan jenis biang keringat yang lebih mudah menyerang bayi dibandingkan dengan orang dewasa.

3. Miliaria Profunda

Miliaria Profunda merupakan jenis biang keringat yang cukup jarang terjadi jika dibandingkan dengan jenis biang keringat lainnya. Biang keringat yang satu ini juga merupakan jenis biang keringat yang cukup berat di antara jenis lainnya.

Miliaria Profunda berdampak pada lapisan kulit yang cukup dalam, sehingga dapat dikatakan bahwa biang keringat ini bersifat kronis. Namun, biang keringat jenis ini sangat jarang terjadi pada bayi atau anak-anak, dan justru lebih sering menyerang orang dewasa.

Gejala yang terjadi jika seseorang mengalami kelainan ini adalah akanmuncul bintil-bintil merah dengan ukuran yang lebih besar serta lebih keras dibandingkan dengan jenis biang keringat pada umumnya.

Pada umumnya, biang keringat merupakan kelainan kulit yang tidak perlu membutuhkan penanganan khusus. Biasanya, kelainan pada kulit ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu melakukan pengobatan khusus.

Cara mengobati keringat buntet yang paling mudah adalah dengan menghindari suasana panas dan lebih sering mendinginkan kulit. Dengan hal tersebut, maka gangguan biang keringat dapat lebih cepat pulih.

Jika kondisi biang keringat tidak pulih dalam waktu yang lama, maka kemungkinan gangguan kulit ini sudah mengalami infeksi. Beberapa tanda-tanda biang keringat yang telah terjadi infeksi antara lain:

  • Demam
  • Tubuh menggigil
  • Terasa sakit pada bagian kulit yang mengalami biang keringat
  • Bintil-bintil merah semakin ruam dan meradang
  • Keluar nanah dari bintil-bintil merah
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening pada bagian selangkangan dan ketiak
Baca Juga:  Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Solusinya

Faktor Penyebab Biang Keringat

Pada dasarnya, biang keringat merupakan kelainan yang disebabkan karena adanya keringat yang terjebak pada balik kulit. Akibatnya, keringat yang terjebak ini tidak dapat menguap karena kelenjar tubuh yang mengalami penghambatan.

Oleh karena itu, kulit akan mengalami peradangan serta timbul ruam-ruam berwarna kemerahan. Nah, beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya keringat ini adalah:

Iklim Tropis

Seorang bayi atau anak-anak yang sering mengalami kepanasan memang memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang biang keringat. Oleh karena itu, suhu lingkungan atau cuaca yang panas merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan munculnya biang keringat.

Panas atau Gerah

Kepanasan juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan munculnya biang keringat. Misalnya disebabkan karena seseroang yang menggunakan baju yang terlalu tebal atau disebabkan karena penggunaan selimut yang terlalu tebal dan berlebihan.

Aktivitas Fisik Berat

Beberapa aktivitas fisik yang berat juga dapat menjadi penyebab munculnya biang keringat pada kulit. Aktivitas fisik seperti olahraga berat dapat menyebabkan seseorang mengeluarkan keringat yang banyak dan terjadi biang keringat.

bed rest

Melakukan Bed Rest Terlalu Lama

Seseorang yang diharuskan beristirahat di ranjang dalam jangka waktu yang lama ternyata juga memiliki risiko biang keringat yang cukup tinggi.

Pengobatan dan Penanganan Biang Keringat

Meskipun keringat buntet bukan termasuk jenis penyakit yang serius, namun kelainan ini tetap membutuhkan pertolongan dan penanganan dengan baik agar bisa segera pulih.

Pengobatan biang keringat sendiri tidak membutuhkan penanganan secara medis. Penyakit ini dapat dirawat secara mandiri dengan beberapa cara. Nah, berikut ini adalah cara mengobati yang baik dan benar:

Hindari Panas Berlebih

Panas berlebih akan menyebabkan ruam-ruam biang keringat semakin parah, sakit, dan gatal. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami biang keringat disarankan untuk selalu berada di tempat yang teduh atau dingin.

Baca Juga:  Sayur & Buah Sebagai Sumber Makanan dan Obat Penambah Darah

cegah dehidrasi

Cegah Dehidrasi

Saat mengalami gangguan pada tubuh, maka tubuh akan membutuhkan lebih banyak cairan. Agar tidak mengalami dehidrasi, maka pastikan bahwa seseorang yang sedang mengalami biang keringat selalu mengonsumsi air secara cukup.

Menggunakan Pakaian Longgar

Menggunakan pakaian yang dingin dan longgar merupakan salah satu cara agar penderita biang keringat lebih merasa nyaman.

Mengonsumsi Obat Antihistamin

Antihistamin merupakan jenis obat yang dapat meredakan rasa gatal pada permukaan kulit. Oleh karena itu, jenis obat ini cocok dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami keringat buntet.

Memakai Krim Hindrokortison

Krim ini memang sangat efektif untuk membantu mengatasi bagian kulit yang mengalami iritasi dan gatal-gatal.

Pengobatan atau penanganan biang keringat memang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar kelainan ini tidak bertambah parah dan mengganggu aktivitas.

Pada kondisi yang semakin parah, kelainan ini dapat menyebabkan kulit mengeluarkan nanah. Oleh karena itu, keringat buntet harus dicegah dan ditangani sejak dini agar tidak bertambah parah.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *