sipilis pada wanita
Jenis Sipilis Pada Wanita dan Cara Mengobatinya
01/20/2017
penyebab keputihan
Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita dan Bagaimana Mengatasinya?
02/02/2017

Begini Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Yang Benar

cara menghilangkan keputihan

Keputihan kadang membuat tidak nyaman dan was-was meskipun sebenarnya ini merupakan kondisi yang wajar pada wanita. Keputihan baru dikatakan tidak normal jika lendir keputihan disertai bau menyengat dengan warna putih kekuningan.

Keputihan adalah cairan yang diproduksi oleh kelenjar yang terdapat pada leher rahim untuk menjaga kesehatan vagina. Keputihan yang normal biasanya tidak berbau dengan warna putih susu. Kadar lendir keputihan akan meningkat pada kondisi tertentu misalnya mendekati masa menstruasi, saat menyusui atau pada saat berhubungan seksual.

Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Jenis keputihan yang normal sebenarnya tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun cara menghilangkan keputihan pada wanita sangat dibutuhkan apabila terjadi perubahan warna maupun aroma pada keputihan tersebut, karena hal ini mengindikasikan keputihan yang tidak normal.

Keputihan yang tidak normal umumnya disebabkan adanya infeksi jamur, infeksi parasit trikomoniasis, infeksi vaginosis bacterial, Clamidia (penyakit menular seksual), kanker serviks atau penggunaan obat antibiotik berlebihan. Penggunaan alat kontrasepsi Pil KB juga diduga menjadi penyebab keputihan tidak normal. Gejala keputihan tidak normal ditandai dengan perubahan warna keputihan, munculnya bau disertai rasa nyeri dan gatal di area vagina.

Cara menghilangkan keputihan pada wanita untuk jenis keputihan tidak normal bisa dengan memberi kompres dingin di area vagina untuk meredakan nyeri dan gatal. Jika sedang menjalani pengobatan menggunakan antibiotik, sebaiknya lebih banyak mengonsumsi yoghurt untuk meminimalisir risiko infeksi jamur.

Jika keputihan disebabkan infeksi jamur, penanganannya bisa menggunakan krim atau gel anti-jamur. Seminggu pasca pengobatan sebaiknya pasangan menggunakan kondom sewaktu berhubungan seks atau bila perlu tunda hubungan seks hingga keputihan kembali normal.

Bentuk penanganan seperti tersebut di atas bisa dilakukan secara mandiri. Namun jika tidak menghasilkan perubahan dan keputihan tidak normal berlangsung selama lebih dari seminggu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter ahli.

Perlu diingat, jika dibiarkan keputihan tidak normal bisa berlanjut ke fase berbahaya. Fase berbahaya yang dimaksud biasanya ditandai dengan timbulnya bau menyengat, kemerahan dan gatal di vagina, pendarahan di luar siklus menstruasi, dan warna keputihan berubah menjadi putih kekuningan, kuning kehijauan dengan volume lebih banyak dan terasa lengket.

Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal

menghilangkan keputihanCara menghilangkan keputihan pada wanita bisa dilakukan secara mandiri atau menggunakan bantuan medis. Untuk menghindari keputihan tidak normal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wanita.

Jangan biarkan area vagina menjadi lembab dan upayakan selalu dalam kondisi kering. Biasakan mengeringkan area vagina setelah buang air kecil. Untuk menjaga area organ intim tetap kering jangan biasakan menggunakan celana ketat atau stocking. Pilih celana dalam dari bahan katun yang lembut, sebaliknya hindari bahan sintetis. Bahan katun memungkinkan banyak udara masuk ke area vagina sehingga kelembabannya berkurang.

Cara lainnya, basuh organ intim setelah buang air kecil dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya. Yang terakhir tidak perlu mengenakan celana dalam waktu tidur malam, hindari tisu toilet beraroma dan jangan menggunakan pembalut beraroma wangi menyengat. Hindarkan kontak organ intim dengan parfum, bedak atau sabun dengan wangi menyengat. Ketiga produk tersebut bisa menyebabkan rasa nyeri dan membuat cairan vagina yang keluar menjadi tidak normal.

Sebenarnya vagina merupakan organ tubuh yang mampu membersihkan diri sendiri. Cara menghilangkan keputihan pada wanita dengan menggunakan ramuan atau cairan pembersih malah akan merusak keseimbangan jamur dan bakteri didalamnya. Akibat ketidakseimbangan tersebut justru memicu munculnya vaginosis bacterial. Membersihkan vagina yang benar cukup dengan air bersih saja. Jika memang diperlukan, gunakan air hangat dan sabun dengan aroma yang tidak begitu kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *