keputihan pada ibu hamil

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil dengan Langkah Mudah

Posted on

Keputihan pada ibu hamil merupakan kondisi yang wajar. Hanya saja keputihan saat hamil intensitas cairan lebih banyak karena pengaruh kehamilan. Meski terjadi secara berlebihan namun keputihan tetap harus mempunyai beberapa kriteria agar masuk kategori normal.

Kategori keputihan normal pada wanita hamil biasanya cairan berwarna bening keputih-putihan dan tidak menimbulkan bau. Keputihan juga tidak menyebabkan rasa gatal, tidak disertai nyeri perut atau rasa perih pada bagian organ vital.

Penyebab Keputihan Tidak Normal Saat Hamil

Untuk mengatasi keputihan saat hamil terutama dalam kondisi tidak normal harus dicari terlebih dahulu faktor penyebabnya. Ada beberapa dampak buruk ketika wanita hamil mengalami keputihan tidak normal seperti persalinan prematur, ketuban pecah lebih dini atau munculnya penyakit pada janin berdasarkan penyebab keputihan yang tidak normal tersebut.

Penyebab keputihan tidak normal saat hamil yang paling umum adalah infeksi jamur, vaginosis bacterial serta penyakit menular seksual trikomoniasis. Berikut penjelasannya satu-persatu.

Infeksi Jamur

Jamur Candida penyebab keputihan mudah tumbuh pada organ vital wanita akibat meningkatnya kadar hormon estrogen dan progesterone. Adapun gejala akibat infeksi ini yaitu keluar cairan berwarna hijau kekuningan baik yang berbau maupun tidak.

Gejala berikutnya bagian organ vital memerah dan bengkak disertai nyeri dan gatal pada area tersebut. Organ vitalĀ  terasa panas saat buang air kecil dan terasa nyeri sewaktu melakukan hubungan intim. Untuk mengatasi keputihan akibat infeksi jamur biasanya menggunakan krim atau obat-obatan anti-jamur.

Vaginosis Bacterial

Vaginosis bacterial merupakan penyebab keputihan karena pertumbuhan bakteri pathogen berlebihan pada organ vital akibat perubahan hormon. Jika wanita hamil mengalami hal ini maka bisa menyebabkan bayi terlahir prematur atau lahir dengan berat badan dibawah normal.

Vaginosis bacterial umumnya ditandai dengan rasa gatal di area organ vital, nyeri saat buang air kecil dan keluar cairan berwarna abu-abu keputih-putihan. Pada beberapa kasus kondisi ini bisa mereda tanpa melalui proses pengobatan.

Namun pada kasus yang lain membutuhkan pengobatan antibiotik. Jika tidak mendapat penanganan infeksi bisa menyebar dan merembet menjadi penyakit radang panggul.

Penyakit Menular Seksual Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah parasit yang hidup dalam organ vital wanita dan dapat menular melalui kontak seksual. Gejala umum yang muncul biasanya keluar cairan kuning kehijauan disertai bau busuk yang menusuk. Gejala lain yang muncul diantaranya sensasi gatal dan terasa panas saat melakukan hubungan intim. Saat perawatan biasanya dokter akan memberikan resep antibiotik untuk meredakan gejala keputihan akibat parasit ini.

Cara Mencegah Keputihan Saat Hamil

keputihan saat hamilTidak mudah mengatasi keputihan pada ibu hamil terutama menggunakan obat-obatan karena bisa berdampak buruk pada janin (kecuali obat rekomendasi dari dokter). Agar keputihan kembali pada keputihan yang normal ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Segera ganti pakaian setelah berolahraga, namun hindari memakai celana ketat terutama dari bahan nilon. Pakailah celana dalam dari bahan katun untuk mengurangi kelemababan area organ intim sekaligus meminimalisir pertumbuhan bakteri.

Sebaiknya mengonsumsi cukup air mineral untuk detoksifikasi tubuh dari racun.

Hindari menyemprot organ vital dengan wangi-wangian karena efek sirkulasi udara ke organ vital bisa tertutup sehingga menimbulkan komplikasi beberapa penyakit serius.

Tidak perlu memakai tisu, pembalut atau sabun beraroma menyengat supaya kebersihan organ vital tetap terjaga. Jangan lupa basuh organ vital setelah buang air kecil supaya tidak terjadi penyebaran bakteri dari anus ke organ vital.

Pada prinsipnya cara mengatasi keputihan pada ibu hamil tidak mutlak dibutuhkan dengan catatan keputihan masih kategori normal, warnanya bening dan tidak berbau. Namun jika memang diinginkan perawatan bisa menggunakan pantyliner untuk kenyamanan.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *