buang air besar keluar darah

Penyebab dan Cara Mengatasi Buang Air Besar Keluar Darah

Posted on

Buang air besar keluar darah memang menjadi hal yang ditakuti. Banyak hal yang akan Anda khawatirkan jika Anda buang air besar keluar darah, apakah ada penyakit dalam yang serius adalah salah satu kekhawatiran yang utama.

Anda tidak perlu panik, selama Anda bisa menanganinya dengan benar.

Pada umumnya kondisi tersebut disebabkan karena beberapa kondisi ringan dan cenderung tidak berbahaya. Namun ada juga kondisi tertentu yang Anda harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Nah, ayo kita kenali apa saja yang menyebabkan bab berdarah ini.

Penyebab Buang Air Besar Keluar Darah

Jika ditelusur, ada dua jenis penyakit yang seringkali menjadi penyebab paling utama masalah ini yakni wasir atau ambeiyen atau hemoroid dan adanya fissura ani. Yuk kita bahas satu persatu.

Wasir

Wasir atau ambeiyen atau dalam bahasa kedokteran disebut hemoroid merupakan kejadian pembesaran pembuluh darah vena pada daerah rektum yaitu sisi bagian dalam anus sehingga menyebabkan daerah tersebut sangat mudah berdarah.

Buang air besar yang disertai darah karena wasir kadang disertai dengan rasa sakit dan kadang juga tidak. Darah yang keluar biasanya menetes setelah keluarnya tinja dari anus.

Fissura ani

Fissura ani merupakan terjadinya robekan pada bagian dalam anus yang bisa disebabkan karena feses yang keras atau sembelit sehingga darah ikut keluar bersama dengan feses.

Biasanya kejadian ini akan diikuti dengan rasa panas dan sakit pada bagian anus saat buang air besar.

Kedua penyebab tersebut akan mengeluarkan darah segar yakni berwarna merah cerah.

Jika darah yang keluar berwarna merah kehitaman, penyebabnya bukan dari wasir ataupun fissura ani melainkan dari luka yang disebabkan oleh organ yang lebih dalam seperti lambung dan usus.

bab berdarah

Cara Mengatasinya

Jika Anda buang air besar keluar darah, itu tandanya Anda kurang menjaga kesehatan Anda terutama kesehatan pencernaan sehingga menyebabkan tinja keras dan membuat luka pada anus saat dikeluarkan.

Ah, jika hal tersebut terjadi pada Anda, Anda perlu melakukan tindakan sebagai perikut.

  • Minum air putih secara teratur setidaknya 8 gelas dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh Anda.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti aneka buah dan sayur untuk membuat Anda lebih teratur buang air besar dan feses atau tinja Anda tidak keras.
  • Perbanyak makan makanan sehat, perbaiki pola makan, dan sebisa mungkin menghindari junk food.
  • Melakukan olahraga dengan rutin setidaknya 30 menit dalam sehari agar tubuh tetap bugar.
  • Bagi pecinta pedas, sebaiknya Anda stop dulu mengonsumsi makanan yang pedas-pedas.
  • Saatnya menghindari minuman beralkohol dan berkafein karena tidak baik baik kesehatan organ pencernaan Anda.

Hal tersebut di atas merupakan cara yang paling sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah jika Anda tiba-tiba mengalami bab berdarah.

Jika setelah melakukan kegiatan tersebut di atas selama minimal tiga hari dan Anda belum merasakan perbaikan, maka Anda harus mengunjungi dokter untuk berkonsultasi.

Anda juga harus segera ke dokter jika Anda mengeluarkan darah yang terlalu banyak sampai membuat Anda lemas atau darah yang Anda kelurakan berwarna kehitaman tidak perlu menunggu sampai 3 hari.

Sekian ulasan mengenai penyebab buang air besar keluar darah dan cara sederhana untuk mengatasinya. Sehingga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda. Mari mulai hidup sehat untuk masa depan yang lebih indah!

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *