cara meluruskan rambut keriting tanpa rebonding

Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami

Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami – Rambut adalah mahkota wanita yang perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Tak hanya wanita, pria pun perlu sebisa mungkin perlu merawat rambut. Rambut yang terawat dapat memberikan rasa nyaman dan juga percaya diri yang lebih.

Perawatan yang perlu dilakukan untuk tiap-tiap jenis rambut pun berbeda-beda. Secara umum jenis rambut manusia bisa dibedakan menjadi jenis rambut lurus, bergelombang hingga keriting.

Jenis rambut ini ditentukan oleh faktor genetis di dalam tubuh yang diturunkan orang tua kepada keturunannya. Perkembangan zaman saat ini tak jarang menuntut pria maupun wanita untuk berpenampilan maksimal seperti yang diinginkan oleh lingkungan.

Salah satunya adalah dengan mengikuti tren gaya rambut terbaru. Jenis rambut lurus di Indonesia masih cukup menjadi favorit sehingga banyak orang berlomba-lomba meluruskan rambut dengan alat-alat baik dilakukan sendiri di rumah ataupun mendatangi salon kecantikan.

Kecanggihan teknologi saat ini memang memungkinkan Anda untuk “menyeterika” rambut keriting hingga menjadi lurus sempurna.

Meluruskan rambut menggunakan alat-alat yang memanfaatkan tenaga panas seperti dengan catokan memang bisa membuat rambut lurus dengan cepat. Tetapi, efek lurus dari catokan ini tidak bisa bertahan lama, sifatnya hanya sementara.

Rambut Anda akan kembali keriting setelah Anda keramas. Ada cara lain yang juga cepat namun hasilnya jauh lebih tahan lama yaitu dengan cara rebonding atau smoothing. Cara ini biasanya dilakukan di salon kecantikan dan menggunakan peralatan dan bahan-bahan khusus.

cara meluruskan rambut keriting dengan minyak goreng

Kualitas hasil rebonding ataupun smoothing ini sangat bergantung pada kualitas alat dan bahan yang digunakan. Semakin baik kualitas bahan dan alat akan semakin alami hasil yang diperoleh.

Akan tetapi, cara-cara meluruskan rambut instan tadi bisa berdampak buruk bagi rambut jika dilakukan terus-menerus tanpa adanya perawatan ekstra pada rambut.

Penggunaan panas untuk meluruskan rambut beserta bahan-bahan kimia lainnya tidak dipungkiri bisa menurunkan kesehatan dan keindahan alami rambut Anda. Tak jarang rambut bisa menjadi kering, rapuh hingga rusak.

Baca Juga:  Ini Lho Trend Warna Rambut 2018 Yang Perlu Anda Ketahui

Sebagian wanita dan pria lebih memilih cara meluruskan rambut keriting secara alami. Cara ini relatif lebih aman dan tidak berisiko merusak rambut.

Akan tetapi, cara-cara alami selain memiliki kelebihan tentu juga mempunyai kelemahan tersendiri, seperti contohnya efek meluruskannya yang baru terasa setelah penggunaan bahan alami dalam jangka waktu yang lama.

Kali ini akan dibahas beberapa cara meluruskan rambut keriting secara alami dengan menggunakan bahan-bahan di sekitar Anda. Penggunaan bahan alami ini cenderung lebih aman dan tidak menimbulkan dampak negatif pada rambut yang berujung kerusakan.

Agar hasil perawatan ini bisa Anda rasakan, perlu penggunaan yang rutin dan disiplin karena hasil yang ditimbulkan tentunya tidak instan.

cara meluruskan rambut keriting secara alami

Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan Minyak Goreng

Hampir setiap rumah pasti punya bahan yang satu ini. Ya, minyak goreng adalah salah satu bahan yang hampir selalu ditemukan di dapur. Tidak hanya bisa digunakan untuk masak-memasak, minyak goreng ini ternyata juga bermanfaat untuk meluruskan rambut lho.

Memang, hal ini mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang. Akan tetapi, manfaat dari minyak goreng untuk meluruskan rambut ini juga sudah dirasakan oleh sebagian kalangan.

Tidak semua jenis minyak goreng bisa digunakan, seperti contohnya minyak goreng bekas pakai. Minyak goreng bisa terbuat dari berbagai bahan dan beberapa minyak berikut ini bisa Anda manfaatkan untuk meluruskan rambut:

Minyak zaitun

Minyak yang satu ini memang dikenal mempunyai beragam manfaat untuk tubuh mulai dari kesehatan, kecantikan wajah hingga kesehatan rambut. Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E yang sangat baik untuk merawat kondisi rambut.

Penggunaan minyak zaitun sebagai kondisioner alami ini bisa membantu melembabkan rambut dan membuat rambut lebih sehat. Rambut yang kusam, kusut dan keriting akibat terlalu sering diikat bisa kembali lurus dan sehat.

Baca Juga:  Cara Menebalkan Bulu Mata dengan Bahan Alami yang Aman

Sebaiknya gunakan minyak zaitun ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

minyak kelapa

Minyak kelapa

Minyak kelapa umum digunakan untuk minyak goreng. Ternyata jenis minyak ini juga bermanfaat sekali untuk membantu meluruskan rambut yang keriting. Minyak kelapa yang dioleskan pada rambut dapat membuat rambut lebih rapi dan mudah diatur.

Rambut keriting akan menjadi lebih lurus jika dioles dengan sedikit minyak kelapa. Minyak ini juga bisa digunakan sebagai kondisioner. Oleskan minyak kelapa ke rambut dan biarkan sejenak kemudian bilas dengn shampo hingga bersih.

Minyak Wijen

Minyak goreng selanjutnya adalah jenis minyak wijen. Minyak ini dipercaya memliki banyak manfaat untuk rambut.

Penggunaan minyak wijen dapat membantu memperlancar peredaran darah di kepala sehingga rambut dapat tumbuh lebih sehat. Rambut yang tumbuh sehat umumnya terlihat lebih lurus dan halus.

Cara Meluruskan Rambut Keriting Tanpa Rebonding

Selain menggunakan minyak goreng yang terbuat dari berbagai bahan alami, cara meluruskan rambut keriting juga bisa dilakukan dengan cara-cara lain yang masih tergolong alami pula. Berikut ini beberapa diantaranya:

Menggunakan susu dan telur

Bahan ini selain bisa dikonsumsi atau digunakn dalam bahan pembuatan kue, ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Kedua bahan ini dapat diaplikasikan sebagai masker untuk membantu rambut tampak lebih lurus dan sehat.

Cara penggunaannya adalah dengan memisahkan terlebih dulu bagian putih telur. Putih telur tadi kemudian di tambah dengan susu putih bebas gula dan pemanis. Selanjutnya aduk campuran kedua bahan tadi hingga semuanya tercampur merata.

Jika sudah rata, masker bisa langsung dioleskan ke helaian rambut Anda hingga menyeluruh. Diamkan masker ini di rambut selama kurang lebih 15 hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih.

Masker ini bisa digunakan secara rutin untuk memberikan hasil yang optimal. Penggunaannya pun sebaiknya setelah Anda keramas.

Baca Juga:  Cara Memilih Warna Rambut Coklat Kemerahan untuk Wanita

cuka

Menggunakan cuka

Bahan alami berikutnya yang bisa membuat rambut keriting menjadi lurus adalah cuka. Selain membuat rambut lebih lurus, cuka ini juga bisa membuat rambut tampak lebih licin dan bersinar.

Cara penggunaan dari bahan ini adalah dengan mengoleskan beberapa tetes cuka ke dalam segelas air jernih yang bersih. Aduk campuran hingga merata kemudian aplikasikan langsung pada rambut. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan rambut kembali.

Cara Meluruskan Rambut Keriting Pria

Tidak hanya wanita yang punya keinginan meluruskan rambut keriting, pria pun sama. Meskipun sekilas terlihat serupa, pada dasarnya rambut pria dan wanita ini berbeda. Tekstur rambut pria dan wanita berbeda, begitu pula kondisi kulit kepalanya.

Kulit kepala pria umumnya lebih berminyak daripada wanita sehingga perlu penanganan yang berbeda pula untuk meluruskannya. Bagi pria yang ingin meluruskan rambut secara alami bisa menggunakan beberapa bahan berikut menjadi masker kulit kepala dan rambut, seperti:

  • Susu
  • Daun Seledri
  • Santan
  • Minyak zaitun dan telur
  • Pisang dan pepaya

Itu tadi beberapa tips cara meluruskan rambut keriting secara alami dengan bahan di sekitar Anda yang murah dan mudah didapat. Merawat rambut dengan bahan alami bisa jadi sebuah investasi jangka panjang terhadap kesehatan rambut Anda.

Semakin rambut tidak terpapar bahan kimia atau perlakuan panas akan semakin sehat kondisi rambut dan kulit kepala Anda.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *