gonore

Bahaya Penyakit Gonore dan Cara Pengobatannya

Posted on

Bisa dibilang Penyakit Gonore adalah penyakit tabu karena seseorang yang terkena penyakit ini cenderung tertutup dan enggan memeriksakan diri ke dokter atau menceritakan pada orang lain. Ini disebabkan karena gonorhea merupakan penyakit menular seksual atau biasa disebut kencing nanah yang dianggap sebagai penyakit memalukan.

Terlepas siapapun pengidapnya, pria ataupun wanita, penyakit gonorhea yang disebabkan bakteri Neisseria Gonorrheae (Gonococcus) ini sangat berbahaya bahkan bisa berujung pada kematian jika tidak ditangani secara intensif.

Cara Penularan Bakteri Gonococcus

Biasanya Bakteri Gonococcus ditemukan pada cairan organ vital pria maupun wanita yang terinfeksi. Tak hanya itu, bakteri ini juga berpotensi menyerang leher rahim (serviks), saluran kencing dan sperma (uretra), dubur, mata maupun tenggorokan.

Penyakit gonore mudah menular melalui kontak seksual baik kontak seksual secara vaginal, oral maupun anal. Tak hanya melalui hubungan seksual namun bayi yang baru dilahirkan juga beresiko terinfeksi bakteri Gonococcus dari ibunya yang terlebih dulu mengidap gonore. Pada bayi umumnya bakteri ini berjangkit di bagian mata.

Sejatinya Bakteri Gonococcus tidak mampu bertahan hidup lebih lama diluar bagian tubuh manusia. Karena itulah bakteri ini tidak menular melalui media lain seperti alat makan, handuk, kolam renang, dudukan toilet ataupun ciuman.

Perhatikan Gejala Penyakit Gonore

penyakit gonoreMenurut penelitian, sekitar 10 persen pria dan 50 persen wanita yang terinfeksi Bakteri Gonococcus tidak mengalami gejala apapun. Hal itulah yang menyebabkan mereka mudah menularkan penyakit tersebut pada pasangan tanpa disadari.

Untuk gejala fisik yang muncul biasanya lebih mudah mengenali gejala penyakit gonore pada kaum pria dibanding wanita.

Khusus bagi wanita gejalanya mungkin terlalu ringan atau tidak begitu jelas sehingga sulit membedakannya dengan infeksi vagina atau infeksi saluran kemih.

Namun seiring berjalannya waktu infeksi akan menjalar ke bagian organ panggul dan jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan pendarahan di area vagina.

Fase selanjutnya penderita akan merasa sakit pada perut bagian bawah diikuti demam dan sakit ketika melakukan aktifitas seksual.

Ciri-ciri penyakit gonore yang paling mudah dikenali baik pada pria maupun wanita adalah intensitas buang air kecil yang meningkat diikuti rasa perih, kemudian keluar cairan kental dari organ vital. Cairan kental tersebut umumnya berwarna hijau kekuningan seperti nanah. Karena itu penyakit ini lazim disebut kencing nanah.

Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Gonore

Setelah melakukan pemeriksaan dan memastikan pasien positif terinfeksi Bakteri Gonococcus, biasanya dokter memberi suntikan antibiotik dan tablet antibiotik untuk mengobati Gonore.

Biasanya dokter juga menyarankan pada pasien untuk kembali satu atau dua minggu pasca pengobatan untuk pemeriksaan ulang sekaligus memastikan bakteri penyebab Gonore hilang secara keseluruhan.

Gejala infeksi Bakteri Gonococcus umumnya akan hilang dalam beberapa hari dengan catatan pengobatan penyakit gonorhea dilakukan sesegera mungkin. Namun jika cenderung dibiarkan bisa menjadi masalah yang sangat fatal.

Untuk mencegah terjadinya infeksi kembali atau penularan pada pasangan sebaiknya penderita tidak melakukan hubungan seksual sampai perawatan tuntas; atau setelah pemeriksaan ulang pasien dinyatakan negatif dari infeksi bakteri gonorhea. Sebaliknya pasien bisa kembali terkena gonorhea jika melakukan hubungan seks yang tidak sehat di masa yang akan datang.

Cara paling efektif untuk mencegah gonorhea atau penyakit menular seksual lainnya adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan, menghindari hubungan seksual pra-nikah dan membiasakan diri menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks. P

enyakit gonore bukan berarti tidak bisa disembuhkan tetapi melakukan antisipasi dan pencegahan sejak dini adalah langkah yang jauh lebih baik.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *