ciri ciri keputihan

Bagaimana Ciri Ciri Keputihan Normal

Posted on

Keputihan merupakan penyakit kewanitaan dan tentunya hanya di alami oleh kaum hawa saja. Keputihan ini merupakan penyakit ringan, namun jika tidak dilakukan tindakan untuk mengatasi dan mengobatinya dapat menjadi sebuah penyakit yang membahayakan bagi anda sebagai penderita.

Keputihan bisa dibedakan dengan mudah antara keputihan yang normal dan keputihan yang tidak normal. Berikut adalah ciri ciri keputihan yang normal diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berwarna bening atau putih susu
  2. Tidak menggumpal seperti daging
  3. Tidak bau
  4. Tidak lengket, dan
  5. Tidak berair

Ciri Ciri Keputihan Tidak Normal

Sebaliknya dengan keputihan yang tidak normal memiliki banyak ciri – ciri yang bisa dibedakan dengan mudah. Sebetulnya banyak sekali penyebab keputihan yang terlebih dahulu harus anda ketahui. Penyebab keputihan diantaranya yaitu:

  • Pola hidup yang tidak sehat seperti pola makan tidak teratur, tidak melakukan olah fisik atau olah raga, jam tidur yang berantakan, minum alkhol berlebih, dan makanan yang mengandung banyak air.
  • Mentimun, berlebihan dalam mengkonsumsi buah mentimun bisa membuat anda mengalami keputihan. Apa lagi jika anda mengkonsumsi mentimun dalam jumlah yang banyak, hal ini akan menimbulkan kondisi keputihan yang tidak normal.
  • Nanas, buah nanas meskipun enak dan manis namun masih saja pantangan bagi beberapa kalangan perempuan terutama bagi yang sedang mengandung atau hamil muda. Nanas juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebih oleh wanita yang sedang tidak hamil karena bisa membuat area kewanitaan becek dan menimbulkan keputihan berlebih.
  • Adanya infeksi bakteri dan jamur akibat perawatan area miss V yang tidak tepat dan kurang steril.

Dari hal – hal di atas bisa menimbulkan keputihan yang tidak normal, berikut adalah ciri ciri keputihan yang tidak normal dan patut anda waspadai. Diantaranya adalah:

Baca Juga:  Ciri Ciri Herpes Dan Penyebabnya

Berbau tak sedap

Kesalah satu ciri ciri keputihan yang tidak normal adalah menimbulkan bau yang tak sedap. Hal ini diakibatkan terjadinya pembusukan bakteri yang mati di area kewanitaan, yang menyababkan pH miss V menjadi tidak teratur sehingga bakteri jahat bisa dengan mudah memasuki area miss V dan membunuh bakteri baik dibagian dalam.

Warna tak normal

Warna keputihan yang tidak normal biasanya adalah kuning, hijau bahkan gelap. Perubahan ini bisa diakibatkan oleh adanya infeksi yang parah dalam miss vagina oleh adanya bakteri jahat, bisa juga karena adanya luka yang tidak sembuh dan mengundang bakteri atau jamur.

Gatal

Rasa gatal pada vagina tentunya membuat anda merasa tidak nyaman terutama pada saat anda ditempat umum. Rasa gatal ini tentu karena adanya infeksi bakteri tepat di area miss V wanita. Munculnya rasa gatal ini juga diakibatkan karena kondisi pH di area tersebut rendah sehingga sangat lembab.

Lengket dan menggumpal

Adanya kondisi lengket dan tekstur menggumpal pada keputihan mengindikasikan bahwa keputihan tersebut tidak normal

Ciri ciri keputihan normal dan abnormal diatas sangat penting anda ketahui untuk bisa lebih mudah mengambil tindakan yang tepat. Cara yang bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk membuat kondisi miss V anda tetap aman adalah dengan membersihkan vagina dengan tepat.

Gunakan sabun pembersih vagina dan usahakan agar area miss V tetap kering. Ganti celana dalam dan pembalut yang rutin saat anda sedang menstruasi.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Baca Juga:  Apa Itu Herpes dan Bagaimana Pengobatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *