gejala herpes
Mendeteksi Gejala Herpes dan Pencegahan Sejak Dini
03/04/2017
penyebab bab keluar darah
Penyebab BAB Keluar Darah Serta Cara Mengatasinya
03/08/2017

Apa Itu Herpes dan Bagaimana Pengobatannya

apa itu herpes

Herpes merupakan salah satu penyakit yang pasti kerap kita dengar istilahnya. Beberapa dari kita mungkin menganggap bahwa herpes adalah salah satu penyakit kelamin. Anggapan ini salah karena herpes tidak hanya dapat menyerang organ vital. Jadi, apa itu herpes, jenisnya, gejalanya hingga pengobatannya? Herpes sendiri seringkali disebut sebagai radang kulit.

Penyakit ini kerap ditandai dengan munculnya gelembung berisi air yang timbul secara berkelompok. Jadi, herpes tidak secara spesifik merupakan penyakit kelamin, walau herpes juga bisa menyerang kulit pada sekitar organ vital laki-laki maupun perempuan. Herpes dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu herpes simplex serta herpes zoster. Keduanya disebabkan oleh virus.

Apa Itu Herpes Simplex

Herpes simplex sendiri terbagi menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah Herpes Simplex Virus 1 atau HSV-1. Virus ini biasanya menyerang mulut atau mulai dari pinggang ke atas. HSV-1 merupakan virus yang umum terjadi. Termasuk dalam HSV-1 ini adalah sariawan atau ruam lepuh pada bibir maupun mulut. HSV-1 bisa diobati walau tidak bisa sembuh total karena bisa kambuh lagi.

Sementara herpes tipe 2 dikenal sebagai HSV-2, yang menyerang bagian pinggang hingga tubuh bagian bawah. HSV-2 inilah yang kerap menyerang bagian kelamin dan dikenal sebagai Herpes Genitalis. Penularannya lewat hubungan intim yang tidak aman. Setelah mengetahui herpes simplex, saatnya mengetahui herpes zoster.

Apa Itu Herpes Zoster

Herpes zoster disebut juga penyakit infeksi kulit dan merupakan lanjutan chicken pox atau cacar air. Virus yang menyerang sama seperti virus pada cacar air. Perbedannya adalah pada herpes zoster terdapat ciri yaitu cacar gelembung dengan ukuran yang lebih besar serta berkelompok di bagian tubuh tertentu. Biasanya, cacar gelembung akan ditemukan di dahi, punggung hingga dada.

Penularan herpes zoster ini adalah melalui batuk, bersin ataupun pakaian yang tercemar. Dapat juga melalui sentuhan ke gelembuh atau lepuh yang telah pecah. Di samping mengetahui herpes, penting juga untuk memahami seperti apa gejala yang timbul dari penyakit ini.

Tanda umum dari herpes biasanya adalah demam, sesak napas, menggigil serta nyeri pada bagian persendian dan pegal pada satu bagian tubuh tertentu. Gejala lain adalah munculnya bintik berwarna kemerahan pada kulit dan akhirnya akan membentuk gelembung cair. Keluhan lain yang biasa diderita adalah sakit perut. Gejala-gejala di atas akan terjadi dalam kurun waktu delapan hari.

Setelah mengetahui herpes, jenis-jenis dan gejalanya, saatnya kita mengetahui bagaimana cara penanganan yang sesuai. Hal paling penting yang harus dilakukan penderita ialah menjaga supaya gelembung cair tidak pecah. Ini agar tidak ada bekas yang tertinggal ataupun menjadi jalan masuk untuk kuman lain.

Obat-obatan yang bisa diberikan untuk penderita cacar guna mengurangi keluhan di antaranya adalah paracetamol ataupun acyclovir dalam bentuk tablet. Gunanya adalah untuk mengurangi nyeri akibat demam serta melindungi penderita dari ketidakmampuan sistem imun tubuh daam melawan virus penyebab herpes. Sementara pada kondisi herpes yang serius dan daya tahan tubuh penderita menjadi sangat lemah, penderita akan mendapat terapi infus acyclovir.

Upaya pencegahan lain yang biasa dilakukan adalah imunisasi vaksin varisela zoster. Jika kita mencurigai seseorang memiliki penyakit infeksi kulit, segera informasikan pada dokter untuk identifikasi awal serta pengobatan yang tepat. Demikian informasi seputar apa itu herpes, gejala hingga pengobatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *